Bayern Munchen Juara Liga Champions dengan Cara yang Sempurna
TEMPO.CO | 24/08/2020 06:38
Bayern Munchen menjuarai Liga Champions 2019-20 dengan mengalahkan PSG 1-0, di Lisbon, Portugal, 23 Agustus 2020. Reuters
Bayern Munchen menjuarai Liga Champions 2019-20 dengan mengalahkan PSG 1-0, di Lisbon, Portugal, 23 Agustus 2020. Reuters

TEMPO.CO, Jakarta - Bayern Munchen menjadi juara Eropa setelah mengalahkan Paris Saint-Germain 1-0 dalam pertandingan final Liga Champions 2019-2020 di  Estadio da Luz, Lisabon, Portugal, dinihari tadi, Senin 24 Agustus 2020.

Baca Juga: Daftar Juara Liga Champions Sepanjang Masa, Bayern Munchen Samai Liverpool

Pahlawan dari kemenangan klub raksasa Jerman itu adalah pemain asal Prancis yang mengawali karier di Paris Saint-Germain, Kingsley Coman, yang tandukannya membawa Bayern menjuarai Liga Champions untuk keenam kalinya.

Bayern juga menegaskan kesempurnaannya dalam Liga Champions musim ini yang diwarnai pandemi virus corona, yaitu 11 kali kemenangan dari 11 pertandingan.

Buat Paris Saint-Germain, hasil pertandingan Minggu malam waktu Lisabon itu membuat mereka frustrasi setelah mereka berhasil menembus final Liga Champions untuk pertama kali.  

Bintang Brasil, Neymar, dan pahlawan Prancis menjuarai Piala Dunia 2018, Kylian Mbappe, yang harga pembelian transfernya di Paris Saint-Germain mengalahkan 11 pemain starter Bayern, berhasil diredam oleh anak-anak asuhan pelatih Hansi Flick.

Bayern mengawali permainan dengan mendominasi penguasaan bola. Tapi, Paris Saint-Germain yang lebih dulu mendapat peluang. Tendangan Neymar ke tiang atas berhasil ditepis kiper Manuel Neuer.

Beberapa menit kemudian, ujung tombak Bayern, Robert Lewandowski, ganti mengancam gawang Paris Saint-Germai, tapi tembakannya berhasil diblok para pemain belakang PSG.

Bayern kemudian berhasil menjalankan keandalannya dalam menekan lawan. Tapi, PSG mampu melalukan transisi dengan cepat untuk melakukan serangan balik. Salah satunya berujung pada tembakan Angel Di Maria dalam posisi tak terkawal. Tapi, tendangannya jauh melambung di atas mitas gawang Neuer.  

Kemudian giliran kiper kawakan Keylor Navas yang sukses menepis sundulan Lewandowski. Sebelum babak pertama berakhir, tendangan Mbappe masih melebar dari tiang gawang Neuer.

Pada babak kedua, ketika pertandingan hampir berjalan satu jam, bek sayap kanan Bayern, Joshua Kimmich, berhasil melakukan tendangan umpan silang melambung ke mulut gawang PSG yang sempurna. Coman menyambutnya dengan sebuah tandukan keras yang menjebol gawang Keylor Navas.

PSG butuh beberapa menit untuk memulihkan diri dan Neuer membuat penyelamatan gemilang untuk menahan tembakan gelandang dari Brasil, Marquinhos, setelah mendapat umpan dari Di Maria.

Pertandingan terus berjalan sampai injury time, tambahan waktu setelah 90 menit. Sebuah kombiniasi apik dari Mbappe dan Neymar menghasilkan umpan terobosan ke kotak penalti Bayern. Tapi, kali ini pahlawan PSG pada perempat final melawan Atalanta, Eric Maxim Choupo-Moting, gagal menyambut umpan matang dari Neymar itu untuk menyelamatkan PSG dari kekalahan.

Bayern Munchen, melalui kerja keras pelatih Hansi Flick dalam waktu sekitar setahun, akhirnya berhasil menjadi juara Liga Champions untuk pertama kali sejak 2013.

Data Pertandingan:

Paris Saint-Germain: Keylor Navas, Kehrer, Thiago Silva, Kimpembe, Bernat (Kurzawa, menit 80), Marquinhos, Ander Herrera (Draxler,  72), Paredes (Verratti, 65), Di Maria (Choupo-Moting, 80), Neymar, Mbappe.

Bayern Munich: Neuer, Kimmich, Boateng (Sule, 25), Alaba, Davies; Thiago (Tolisso, 86), Goretzka, Gnabry (Coutinho, 68), Coman (Perisic, 68), Muller, Lewandowski.

Gol: menit 59: Coman

Wasit: Daniele Orsato (Italia)

Kartu Kuning: Davies (28) Bayern Munich, Gnabry (52) Bayern Munich, Paredes (52) PSG, Sule (56) Bayern Munich, Neymar (81) PSG, Tiago Silva (82), Kurzawa (85) PSG

Stadion: Estadio da Luz

MARCA ENGLISH | AS

 

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT