Liga Champions: Barcelona, Formasi 4-3-1-2 yang Merontokkan Napoli
TEMPO.CO | 09/08/2020 07:32
Penyerang Barcelona Luis Suarez, berusaha melewati pemain Espanyol Leandro Cabrera, dalam pertandingan Liga Spanyol di Camp Nou, Barcelona, 9 Juli 2020. REUTERS/Albert Gea
Penyerang Barcelona Luis Suarez, berusaha melewati pemain Espanyol Leandro Cabrera, dalam pertandingan Liga Spanyol di Camp Nou, Barcelona, 9 Juli 2020. REUTERS/Albert Gea

TEMPO.CO, Jakarta - Sebelum menekuk Napoli 3-1 pada pertandingan pertemuan kedua babak 16 besar Liga Champions dinihari tadi, Barcelona sudah tidak terkalahkan di Stadion Camp Nou selama tujuh tahun.

Setelah menyingkirkan Napoli dengan keunggulan agregat 4-2, klub berjuluk the Blaugrana ini akan menuju ke Lisabon, Portugal, untuk mengikuti lanjutan turnamen dengan format unik, yaitu masing-masing satu pertandingan dari perempat final sampai final di satu tempat selayaknya sebuah turnamen. Ini terjadi karena disesuaikan dengan masa pandemi virus corona.   

Unggul gol tandang setelah bermain 1-1 di Stadion San Paolo, Februari lalu, pelatih Barcelona, Quique Setien, kehilangan beberapa pemain teras untuk pertandingan dinihari tadi karena cedera dan skorsing.

Tapi, Setien tidak lagi memakai formasi 3-5-2. Menyusul kekalahan 0-2 dari Valencia di liga domestik, ia didesak untuk kembali memakai formasi khas Barca 4-3-3, dengan variasi 4-3-1-2.  

Perkiraan Mundo Deportivo sebelum pertandingan tepat. Setien mengandalkan formasi 4-3-1-2 yang memuaskan ketika melawan Villarreal di liga domestik.

Di depan kiper Marc-Andre ter Stegen, berdiri formasi empat bek, yaitu dari dari kiri ke kanan: Jordi Alba, Clement Lenglet, Gerard Pique, dan Nelson Semedo.

Selanjutnya di lini tengah dari trio, yaitu Sergi Roberto dan Frenkie de Jong yang ditopang Ivan Rakitif yang menjelajah ke segala arah.

Adapun sang maestro, Lionel Messi, bertidank sebagai gelandang tengah yang menyerang. Pemain nomor punggung legendaris, 10, yang berdiri di depan tiga gelandang dan menjadi penyerang semu di belakang Luis Suarez dan Antoine Griezmann yang kembali dimainkan sebagai starter.

Setien hanya melakukan dua kali pergantian pemain dinihari tadi, yaitu Firpo menggantikan Suarez pada menit 90+2 dan Rodrigo Jimenez menggantikan Griezmann pada menit 84.

Formasi 4-3-1-2 Barcelona ini kemungkinan akan dipertahankan Quique Setien menghadapi lawan berat dari Bundesliga, Bayern Munich, pada pertandingan tunggal perempat final Liga Champions di Estadio da Luz, Lisabon, Portugal, Sabtu dinihari, 15 Agustus 2020.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT