Liga Champions: Peluang Frenkie de Jong untuk Lebih Bersinar di Barcelona
TEMPO.CO | 09/08/2020 06:38
Liga Champions: Peluang Frenkie de Jong untuk Lebih Bersinar di Barcelona
Liga Champions: Peluang Frenkie de Jong untuk Lebih Bersinar di Barcelona

TEMPO.CO, Jakarta - Frenkie de Jong tidak mencetak gol saat membela Barcelona FC mengalahkan Napoli 3-1 pada pertandingan pertemuan kedua babak 16 besar Liga Champions di Stadion Camp Nou, tanpa penonton, dinihari tadi, Minggu 9 Agutus 2020.

De Jong hanya sempat memberikan umpan matang kepada Lionel Messi untuk mencetak gol kedua dalam pertandingan itu. Tapi, gol itu dianulir setelah rekaman perangkat video assistant referee (VAR) menunjukkan, Messi lebih dulu menyentuh bola dengan tangan, sebelum membobol gawang Napoli.

Tapi, De Jong dimainkan pelatih Quique Setien sepanjang 90 menit dalam pertandingan yang membawa Barcelona lolos ke perempat final Liga Champions, setelah menang agregat 4-2 dari Napoli.

Tampil penuh dalam pertandingan penting Barcelona itu tentu melegakan De Jong dalam rangkaian akhir musim pertamanya di klub Catalan itu.

Pemain gelandang Belanda itu bergabung ke Barcelona FC pada musim panas lalu, dengan membawa modal yang mengesankan. De Jong sebelumnya membawa Ajax Amsterdam mencapai babak semifinal Liga Champions.  

Pemain berusia 23 tahun itu dibeli Barcelona dari Ajax dengan harga transfer 89 juta pound sterling atau sekitar Rp 1,70 triliun. Setelah menolak tawaran Paris Saint-Germain dan Manchester City, De Jong menjadi bintang pemain Belanda terakhir yang bergabung dengan klub berjuluk Blaugrana, setelah para ikon Oranye, antara lain Johan Cruyff, Ronald Koeman, dan Patrick Kluivert.

Setelah mencetak satu gol dan satu umpan akurat atau assist pada penampilannya yang keempat di tim kebanggaaan masyarakat Catalan itu melawan Valencia, De Jong tidak lagi bermain mengesankan sampai memberi umpan kepada Luis Suarez, salah satu penyerang Barca, tiga bulan kemudian.

Merangsek ke dalam kotak penalti, De Jong bermain umpan sentuhan satu-dua dengan Suarez, sebelum bintang Uruguay menendang bola dengan bagian belakang kakinya ke gawang lawan.

“Saya puas dengan musim pertamaku di sini, tapi tidak sepenuhnya,” kata De Jong, selama La Liga diistirahatkan tiga bulan karena pandemi virus corona. “Saya bisa lebih baik.”

De Jong kemudian mengalami cedera yang membuatnya absen dalam delapan pertandingan. Barcelona pun kehilangan gelar juaranya di La Liga yang direbut Real Madrid.

Tampil masing-masing 11 dan 31 menit pada dua pertandingan terakhir liga domestik musim ini melawan Osasuna dan Alaves, De Jong sekarang sudah pulih sepenuhnya dari cedera.

“Saya tidak merasa di bawah tekanan sekarang karena sekarang di Barca,” kata De Jong dalam wawancara di laman klub ini, Sabtu lalu.

Absennya Sergio Busquets karena skorsing, tidak dimasukkannya Arturo Vidal ke dalam skuad, dan Arthur yang tak mau balik dari Brasil, memang memberikan peluang buat Frenkie De Jong untuk bisa mendampingi Ivan Rakitic, dan Sergi Roberto di lini tengah Barcelona dinihari tadi.   

Dalam formasi 4-3-3, dengan Messi, Luis Suarez, dan Antoine Griezmann di lini depan, Frenkie de Jong ikut membawa Barcelona seperti Ajax musim lalu, yaitu melaju untuk mengincar posisi semifinal.

Melawan Bayern Munich pada babak delapan besar nanti, dengan sistem turnamen sehingga hanya bertanding satu kali, adalah peluang buat Frenkie de Jong untuk membuktikan kepada Barcelona bahwa dalam debutnya di klub Catalan itu musim ini, ia bisa lebih bersinar.

I.NEWS.CO.UK | SOCCERNET


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT