Real Madrid Juara Liga Spanyol, Ada 7 Rekor Menarik
TEMPO.CO | 17/07/2020 09:31
Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane berpose dengan trofi juara Liga Spanyol di Stadion Alfredo Di Stefano, Spanyol, 16 Juli 2020. Kemenangan itu jadi trofi Liga Spanyol ketiga Real Madrid dalam satu dasawarsa terakhir. REUTERS/Sergio Perez
Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane berpose dengan trofi juara Liga Spanyol di Stadion Alfredo Di Stefano, Spanyol, 16 Juli 2020. Kemenangan itu jadi trofi Liga Spanyol ketiga Real Madrid dalam satu dasawarsa terakhir. REUTERS/Sergio Perez

TEMPO.CO, JakartaReal Madrid memastikan gelar juara Liga Spanyol setelah membungkam Villarreal dengan skor 2-1 pada laga Jumat dini hari tadi. Skuad asuhan Zidane pun menorehkan sejumlah rekor penting dengan keberhasilan itu.

Kemenangan 2-1 itu memastikan Real Madrid meraup 86 angka atau unggul tujuh angka dari pesaing terdekatnya, Barcelona, yang pada laga lain tumbang dari Osasuna 1-2. Dengan satu laga tersisa, perolehan angka Si Putih tak akan dapat lagi terkejar.

Lembaga statistik olahraga Opta Joe mencatatkan sejumlah fakta menarik atas keberhasilan Real Madrid tersebut. Berikut fakta tersebut:

1. Real Madrid meraih gelar juara Liga Spanyol ke-34. Mereka mengukuhkan dominasinya dalam sejarah Liga Spanyol dengan menjadi tim terbanyak yang meraih gelar juara kompetisi itu. Pesaing terdekat Real Madrid adalah Barcelona yang baru meraih 26 gelar juara. Torehan Real Madrid bahkan hanya terpaut tipis dari kombinasi perolehan trofi Barcelona plus Atletico Madrid yang hanya mencapai 36 trofi.

2. Dalam sejarah 8 dekade Liga Spanyol, Real Madrid menjadi satu-satunya tim yang pernah meraih gelar juara di setiap dekade. Era 60-an masih menjadi era paling sukses bagi Real Madrid karena berhasil meraih tujuh gelar juara. Era 2010-2020 dianggap sebagai era paling buruk bagi Los Merengues. Mereka hanya meraih dua gelar juara dalam 10 musim terakhir.

3. Trofi Liga Spanyol musim ini menjadi persembahan ke-11 sepanjang karir Zinedine Zidane sebagai pelatih Real Madrid. Pada periode sebelumnya, Zidane berhasil mempersembahkan 10 trofi juara. Jika ditambahkan dengan jumlah trofi yang dia persembahkan saat masih menjadi pemain, Zidane total sudah mempersembahkan 17 trofi juara.

4. Zidane juga mengukuhkan dirinya sebagai manajer tersukses kedua dalam sejarah Real Madrid dengan torehan 11 trofi tersebut. Dia hanya kalah dari Miguel Munoz yang menjadi pelatih Real Madrid dari tahun 1960-1974. Selama periode itu, Munoz berhasil mempersembahkan 14 trofi.

5. Musim ini Karim Benzema mencatatkan dirinya menjadi pencetak gol terbanyak kelima dalam sejarah Real Madrid. Dengan 246 gol di semua kompetisi, Benzema menyalip perolehan legenda Real Madrid Ferenc Puskas yang mencetak 242 gol. Hanya saja, Puskas mencetak gol tersebut hanya dalam 246 laga sementara Benzema membutuhkan 510 laga.

6. Kapten Sergio Ramos pun mencatatkan sejarah dengan menjadi bek Real Madrid pertama yang mencatatkan 10 gol atau lebih dalam satu musim.

7. Real Madrid juga akan bisa mencatatkan rekor kebobolan paling sedikit pada satu musim dalam sejarah klub itu. Saat ini, gawang Thibaut Courtois baru kebobolan 22 kali dalam 37 laga. Courtois berpeluang meraih Piala Zamora, penghargaan untuk penjaga gawang terbaik Liga Spanyol, musim ini.

OPTA JOE


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT