Tak Perlu Jack Grealish, Manchester United Miliki Pemain Ini
TEMPO.CO | 29/05/2020 07:33
Pemain Aston Villa Jack Grealish, melakukan selebrasi bersama rekan setimnya usai mencetak gol ke gawang Manchester United dalam pertandingan Liga Inggris di Old Trafford, Manchester, 1 Desember 2019. REUTERS/Phil Noble
Pemain Aston Villa Jack Grealish, melakukan selebrasi bersama rekan setimnya usai mencetak gol ke gawang Manchester United dalam pertandingan Liga Inggris di Old Trafford, Manchester, 1 Desember 2019. REUTERS/Phil Noble

TEMPO.CO, Jakarta - Rencana Manchester United untuk merekrut Jack Grealish dari Aston Villa pada bursa transfer mendatang kemungkinan akan batal. Krisis ekonomi karena pandemi Covid-19 membuat kubu Setan Merah harus berhitung ulang untuk menghamburkan dana pada pemain yang belum tentu bersinar.

Meskipun demikian, Manajer Ole Gunnar Solskjaer sebenarnya tak terlalu membutuhkan tenaga Grealish karena memiliki banyak stok pemain muda yang bisa digunakan di akademi mereka. Salah satunya adalah Hannibal Mejbri yang baru mereka datangkan dari AS Monaco pada Agustus tahun lalu.

Media Manchester Evening News menyebutkan Mejbri sebenarnya siap diorbitkan Solskjaer pada Januari lalu sebelum kedatangan Bruno Fernandes dari Sporting Lisbon. Pemain berusia 17 tahun itu dikabarkan telah mencuri perhatian para staf pelatih Manchester United musim ini.

Apes bagi Mejbri, kedatangan Fernandes yang mengisi posisi Paul Pogba yang mengalami cedera membuat debutnya bersama tim senior Manchester United tertunda.

Didatangkan dari AS Monaco dengan mahar 10 juta euro, sangat besar untuk ukuran pemain berusia 17 tahun, Mejbri musim ini bermain untuk tim U-18 Manchester United.

Gelandang berambut gimbal itu telah mengoleksi 1 gol dan 3 assist dari 9 laga di ajang Premier League U-18. Bocah kelahiran Prancis itu juga menjadi bagian penting dalam keberhasilan United U-18 mencapai semifinal FA Youth Cup 2019-2020 sebelum kompetisi akhirnya dihentikan karena pandemi Covid-19.

Performa apiknya itu membuat Mejbri pun mendapat panggilan bermain untuk Manchester United U-23, tepatnya di ajang Premier League 2. Di sana dia tak menunjukkan kecanggungan meskipun harus bermain dengan seniornya. Mejbri telah mencetak tiga assist dalam lima laga di United U-23.

Eks gelandang Manchester United yang kini jadi kepala pengembangan skuat tim utama, Nicky Butt, mengakui potensi Mejbri. Dia bahkan mengaku sempat pesimis mendapatkannya karena harga Mejbri yang mahal dan mereka harus bersaing dengan klub besar lain seperti Arsenal, Liverpool dan Barcelona.

"Sulit untuk mendapatkannya meski kami sudah mengejarnya begitu lama. Dia berada dari klub besar dengan harga beli yang juga tinggi, jadi itu seakan tidak mungkin,” kata Butt.

Bersama Timnas Prancis U-17, performa Mejbri lebih impresif. Dia mencetak dua gol dan tiga assist hanya dalam tiga pertandingan.

Soal kemampuan, Mejbri dianggap sebagai gelandang muda yang cukup komplit. Dia disebut memiliki fisik yang kuat untuk terus berlari sepanjang pertandingan. Tak hanya bagus dalam menyerang, dia juga kuat dalam bertahan.

Kemampuannya dalam membawa bola juga apik. Seorang staf kepelatihan Manchester United menyebut dia tampak dengan mudah melewati para pemain yang lebih senior. Dia juga memiliki kecepatan yang bagus.

"Dia sangat cepat, dia bisa melewati pemain dan bergerak antar lini," kata si staf pelatih itu kepada media Inggris The Athletic.

"Dia sering membuat kesal pemain yang beberapa tahun lebih tua dari dia. Dia akan berpura-pura untuk menendang bola kemudian menariknya lagi dan akhirnya menendang ke arah yang berbeda."

Visi bermain yang tinggi juga membuat Mjebri disebut layak menjadi gelandang kreatif di lini tengah tim senior Manchester United. Kemampuan mengumpannya juga tak diragukan.

Kepala Akademi United Nick Cox pun memuji kemampuan Mjebri untuk beradaptasi. Dia awalnya mengira Mejbri baru akan beradaptasi pada tahun pertamanya di sana. Namun kini dia pun menyatakan siap membimbing si pemain untuk segera masuk tim senior Manchester United.

"Tugas utama seorang pemain yang baru datang dari negara lain adalah untuk beradaptasi, membangun hubungan dan aklimitasi, dalam hal dimana anda akan tinggal, apa yang anda tahu soal lingkungan anda," kata Cox.

"Itu sebenarnya yang kami harapkan dari dia ketika pertama kali tiba. Hanya untuk beradaptasi. Dan dia melakukannya dengan sangat baik. Kemudian ini akan soal bagaimana kami bisa membimbingnya untuk menantang dia sedekat mungkin dengan tim senior."

Dengan kemampuan yang dimiliki dan pujian yang didapatkannya, Mejbri sendiri yakin dia akan bisa segera menembus tim senior Manchester United. Dia sempat menargetkan untuk masuk ke skuad senior United pada awal musim 2021-2022.

"Jika saya bisa masuk ke tim utama dalam dua tahun itu akan sangat bagus," ujarnya.

Mimpi Mejbri kemungkinan akan menjadi kenyataan lebih cepat. Manajer Ole Gunnar Solskjaer disebut membutuhkan setidaknya enam pemain di lini tengah timnya musim depan untuk melapis Pogba, Fernandes, Fred, Nemanja Matic dan Fred. Satu posisi terakhir bisa jadi menjadi milik Mjebri.

Dengan begitu Manchester United pun tak harus membuang uang mereka untuk mendatangkan Jack Grealish. Mereka bisa mengalihkan dana pembelian Grealish untuk mendatangkan penyerang tengah yang menjadi salah satu prioritas utama Solskjaer karena Odion Ighalo akan kembali ke Shanghai Shenhua pada akhir musim ini.

MANCHESTER EVENING NEWS| THE ATHLETIC| PLANET FOOTBALL| GOAL


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT