Sepak Bola Baru Dimulai dari Bergulirnya Kembali Liga Jerman
TEMPO.CO | 25/05/2020 13:40
Pemain Bayern Munchen, Thomas Muller (kanan) menggiring bola melewati pemain Eintracht Frankfurt dalam pertandingan Liga Jerman Bundesliga di Allianz Arena, Munchen, Jerman, Ahad dinihari, 24 Mei 2020. Pertandingan ini digelar tertutup tanpa penonton di s
Pemain Bayern Munchen, Thomas Muller (kanan) menggiring bola melewati pemain Eintracht Frankfurt dalam pertandingan Liga Jerman Bundesliga di Allianz Arena, Munchen, Jerman, Ahad dinihari, 24 Mei 2020. Pertandingan ini digelar tertutup tanpa penonton di stadion. REUTERS/Andreas Gebert

TEMPO.CO, Jakarta - Bayern Munich mengamankan keunggulan empat poin di puncak klasemen Bundesliga Jerman, setelah bertanding untuk pertama kalinya sejak Liga Jerman dihentikan dua bulan lalu, karena pandemi virus corona.

Liga Jerman dimulai lagi dalam pertandingan yang berlangsung di stadion kosong tanpa penonton dan prosedur kesehatan yang ketat untuk mengantisipasi virus corona.

Ada lima hal yang bisa dipelajari dari kepeloporan Liga Jerman untuk berputar lagi pada masa pandemi virus corona.

Bundesliga melakukan start satu bulan lebih awal dari liga-liga utama Eropa lainnya pada musim panas 2020 ini dan pemandangan aneh di Liga Jerman akan menjadi situasi normal baru yang seharusnya menjadi panduan buat Inggris, Italia, dan Spanyol.

La Liga dan Seri A Liga Italia menargetkan pertengahan Juni bila dimulai lagi. Para suporter hanya akan bisa menonton dari rumah masing-masing, stadion kosong, dan selebrasi pemain dengan mempertahankan jarak fisik di lapangan. Para pemain harus memakai masker di tepi lapangan dan duduknya berjarak satu sama lain.

Italia masih berdebat soal protokol kesehatan jika hasil tes seorang pemain positif virus corona dan siapapun yang kontak dekat dengannya harus dikarantina dua pekan. Sebaliknya di Jerman, hanya pemain bersangkutan yang diisolasi.

Kiat tim-tim Bundesliga mempersiapkan diri di bawah regulasi kesehatan yang baru bisa menjadi model buat liga-liga lainnya di Eropa yang akan berputar lagi pada Juni mendatang.  

Menyambut partai tandang ke markas tim dengan julukan pembunuh raksasa, Union Berlin, pelatih Bayern Munich, Hansi Flick, khawatir apakah timnya bisa bermain stabil 90 menit karena baru bisa berlatih secara paripurna pekan lalu.

Kenyatannya Bayern Munich mendominasi di Berlin dan memperbesar peluang untuk menjuarai Bundesliga untuk kedelapan kali beruntun.

Bayern mendominasi dua pertiga lapangan di Stadion Alten Foesterei dan Robert Lewandowski membobol gawang tuan rumah untuk mencetak gol ke-26 miliknya di liga musim ini dari titik penalti lima menit sebelum jeda babak pertama. Bayern akhirnya menang 2-0.

Selanjutnya Borussia Dortmund menggilas Schalke 4-0. Penyerang baru berusia 19 tahun, Erling Braut Haaland, menjadi andalan mesin dan perancang gol yang baru buat Dortmund.

Haaland mencetak 41 gol musim ini di semua kompetisi dan 13 gol di antaranya buat  Dortmund hanya dalam 12 pertandingan sejak bergabung Red Bull Salzburg, Januari lalu.

Pada Minggu 24 Mei 2020, lebih dari enam juta orang di Jerman menonton pertandingan Liga Jerman untuk pertama kali dalam dua bulan terakhir melalui perusahaan penyiaran televisi  Sky Germany. Perusahaan ini membagi pasarnya sebanyak 27,4 persen untuk saluran berbayar dan 18,2 persen untuk saluran gratis.

Liga Sepak Bola Jerman (DFL) mengatakan kepada AFP bahwa pertandingan Liga Jerman disiarkan lebih dari 70 perusahaan stasiun penyiaran televisi di seluruh dunia, melalui kesepakatan yang sudah dicapai sebelumnya.   

WORLDFOOTBALL.NET

 

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT