Jadwal Persib Bandung: 2 Statisitik Menarik dari Laga Perdana
TEMPO.CO | 16/05/2020 10:14
Pemain Persib Bandung Geoffrey Castillion dan Wander Luiz. (persib.co.id)
Pemain Persib Bandung Geoffrey Castillion dan Wander Luiz. (persib.co.id)

TEMPO.CO, Jakarta - Jadwal Persib Bandung saat ini tak menentu karena kompetisi Liga 1 terhenti akibat pandemi Covid-19. Laman klub itu pun banyak menyajikan kiprah tim dalam pertandingan-pertandingan di masa lalu.

Pada Jumat, 15 Mei 2020, dibahas dua catatan tentang kiprah Maung Bandung di laga perdana: Soal dua kemenangan 3-0 secara beruntun serta tiga pemain yang mencetak brace (dua gol) pada laga tersebut.

Musim ini, 1 Maret lalu, Persib mampu menang 3-0 atas Persela Lamongan. Gol pertama di laga tersebut dibuat oleh striker asal Belanda, Geoffrey Castillion di menit 39. Sementara dua gol lain disumbangkan penyerang asal Brasil, Wander Luiz di menit 54 dan 70.

Itu menjadi kemenangan 3-0 kedua dalam laga perdana Persib dalam dua musim terakhir. Tahun lalu, pada 18 Mei, Persib juga menang atas Persipura Jayapura dengan skor sama. Gol Pangeran Biru saat itu disumbangkan Artur Gevorkyan pada menit 45+2 dan 63 dan Febri Hariyadi menit 69 memanfaatkan umpan Ezechiel N'Douassel.

Pada dua laga perdana Liga 1 sebelumnya, edisi 2017 dan 2018, Persib hanya mendapat satu poin. Maung Bandung ditahan Arema FC dan PS Tira Persikabo.

Bisa dilihat dalam dua laga perdana terakhir, ada dua pemain asing yang mencetak brace (dua gol), yakni Wander Luiz dan Artur Gevorkyan. Bila ditarik lebih jauh, sejak era Liga Indonesia, ada satu pemain lain yang juga menorehkan catatan sama.

Hilton Moreira melakukannya dalam laga perdana Liga Super Indonesia musim 2008/2009. Pemain asal Brasil ini mencetak dua gol cepat, di detik ke-25 dan menit keempat dalam laga kontra Persela Lamongan di Stadion Siliwangi Bandung, 13 Juli 2008.

Pada laga itu, Persib menang 5-2 dari tamunya. Tiga gol lainnya disumbangkan Lorenzo Cabanas (17), Nova Arianto (47) dan Eka Ramdani (54).

Pada musim ini, Persib baru menjalani tiga pertandingan. Ketiga laga itu mampu dimenangi, sehingga tim asuhan Robert Alberts itu menempati puncak klasemen sementara Liga 1 dengan nilai 9, unggul dua poin dari Bali United.

Kini Persib dan klub lainnya masih menantikan kelanjutan kompetisi. PSSI menunda liga hingga 29 Mei dan menunggu putusan pemerintah soal lanjutan status darurat pandemi virus corona. Bila status dicabut jadwal Persib dan kompetisi Liga 1 baru akan digulirkan lagi setelah 1 Juli. Pada pekan keempat Jadwal Persib adalah menyambangi markas PSIS Semarang.

PERSIB


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT