Wander Luiz Sempat ke Bali Setelah Persib Kalahkan PSS Sleman 2-1
TEMPO.CO | 28/03/2020 05:43
Pemain Persib Wander Luiz. (persib.co.id)
Pemain Persib Wander Luiz. (persib.co.id)

TEMPO.CO, Jakarta - Penyerang Persib Bandung, Wander Luiz, mengumumkan dirinya positif terkena virus corona atau Covid-19 melalui unggahan di akun Instagram-nya Jumat, 27 Maret 2020, sekitar pukul 22.40 WIB. Padahal sebelumnya, dokter tim Persib, enggan menyebutkan pemain di timnya yang positif corona.

Dalam video berdurasi 18 menit itu, dia menyapa Bobotoh, sebutan untuk suporter Persib. Setelah itu baru mengkonfirmasi dirinya positif corona seusai menjalani tes sehari sebelumnya.

"Halo Bobotoh jadi saya sudah mendapatkan hasil tes korona, dan hasilnya positif. Namun saya merasa baik-baik saja dan tidak ada gejala," ucap Luiz dalam video itu.

Setelah dinyatakan positif corona, Luiz mengikuti anjuran dengan isolasi mendiri untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. "Saya juga mengikuti pedoman, saya telah mengisolasi diri saya sendiri. Jadi saya berharap semuanya baik-baik saja," ujarnya.

Mantan pemain klub asal Vietnam Binh Duong itu meminta dukungan agar bisa sembuh dari virus corona dan bisa kembali bermain bersama skuad Maung Bandung.

"Saya ingin berterima kasih kepada semua orang di Persib dan tim medis untuk proses pengujian dan dukungannya. Tolong jaga diri dan tetap sehat. Semoga semuanya baik-baik saja dan saya bisa memulai bermain sepak bola lagi," katanya.

Wander Luiz bersama tiga pemain Persib lainnya, Omid Nazari, Fabiano Beltrame, dan Geogffrey Castillion, serta pelatih Robert Alberts dan Zaenuri Hasyim, menjalani tes proaktif Covid-19 pada Kamis, 26 Maret 2020. Tes itu digelar di Graha Persib, Jalan Sulanjana.

Menurut dokter tim Persib, Raffi Ghani, Wander Luiz dan Castillion sebelumnya melakukan perjalanan jauh. Castillion pulang ke kampung halamannya di Belanda pada pertengahan Maret. Sedangkan, Wander Luiz berlibur ke Bali seusai Persib mengalahkan PSS Sleman 2-1 pada 15 Maret 2020.

"Kan waktu ada libur setelah lawan PSS, pada saat libur, ada beberapa yang meninggalkan Kota Bandung, saya tidak sebutkan siapa-siapa, termasuk pelatih. Sekembalinya dari sana, saya ragu, makanya dilakukan lagi pemeriksaan, hasilnya ada satu positif," kata Raffi.

Menurut Raffi, pemain Persib yang positif terkena corona tidak menunjukkan gejala seperti demam, pilek, batuk. Pemain itu terlihat sehat, tetapi hasilnya poistif.

"Yang bersangkutan daya tahan tubuhnya baik, artinya tidak ada gejala apa pun, ringan sedang atau berat. Tapi tetap dia harus melakukan isolasi mandiri. Dia tidak boleh ada kontak dengan siapa pun dalam rangka untuk memutus rantai penyebaran," ujar Raffi yang sebelumnya masih merahasiakan pemain yang positif virus corona.

AMINUDDIN A.S.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT