Wayne Rooney: Liverpool Layak Jadi Juara Liga Inggris Musim Ini
TEMPO.CO | 23/03/2020 07:52
Aksi pemain Liverpool, Roberto Firmino saat berebut bola dengan pemain AFC Bournemouth, Lewis Cook dalam laga Liga Inggris di Stadion Anfield, 7 Maret 2020. REUTERS
Aksi pemain Liverpool, Roberto Firmino saat berebut bola dengan pemain AFC Bournemouth, Lewis Cook dalam laga Liga Inggris di Stadion Anfield, 7 Maret 2020. REUTERS

TEMPO.CO, Jakarta - Eks penyerang Manchester United, Wayne Rooney, menilai Liverpool layak menjadi juara apa pun yang terjadi pada akhir Liga Inggris musim ini. Langkah Liverpool merebut mahkota juara terganggu oleh penyebaran virus corona yang membuat kompetisi tersebut dihentikan sementara.

Meskipun mengaku sebagai suporter Everton yang merupakan rival sekota Liverpool, Rooney cukup sportif dalam menilai apa yang dilakukan Liverpool musim ini. Dia menyatakan, ada sebagian dirinya yang menginginkan agar musim ini dibatalkan sehingga Liverpool tak mengakhiri puasa gelar juaranya selama 30 tahun, namun menurut dia hal itu akan menimbulkan semakin banyak masalah.

"Liverpool akan memenangkan Liga Primer," tulis Rooney dalam kolomnya di media Sunday Times. "Sekarang anda bisa membayangkan, ada suporter Everton menelepon saya dan mengatakan bahwa musim ini harus dibatalkan. Dan tentu saja sebagai suporter Everton dan seseorang yang bermain untuk Manchester United selama 13 tahun, ada sebagian dari saya yang berpikir hal itu sesuatu yang baik."

"Tetapi tidak. Liverpool sangat fantastis musim ini. Mereka telah bekerja keras. Mereka layak mendapatkan gelar juara ini. Anda bisa membayangkan menunggu 30 tahun dan di saat nyarin mendapatkannya tiba-tiba hal itu dirampas begitu saja? Keputusan yang benar telah dibuat (dengan akan melanjutkan Liga Inggris hingga akhir)."

Rooney juga menilai keputusan melanjutkan Liga Inggris, meskipun belum jelas kapan, sebagai sesuatu yang benar. Pasalnya hal itu memastikan nasib tim-tim yang akan degradasi, promosi serta mendapatkan tiket ke Liga Champions. Jika musim dihentikan begitu saja, menurut dia, akan ada banyak gugatan hukum yang dihadapi otoritas Liga Inggris.

"Keputusan itu juga tepat terkait dengan promosi dan degradasi dan tiket Liga Champions. Isu-isu ini sangat besar bagi klub yang terlibat dan saya membayangkan akan ada banyak masalah hukum jika musim ini dihentikan begitu saja. Hal yang adil adalah menyelesaikan musim 2019-2020, sekalipun kita harus memundurkan musim depan."

Liverpool saat ini memang berada di puncak klasemen Liga Inggris dengan unggul 25 angka dari pesaing terdekatnya, Manchester City. Dengan 9 laga tersisa, anak asuh Jurgen Klopp tinggal memenangkan 2 laga lagi untuk memastikan gelar juara musim ini.

Namun sayangnya Liga Inggris harus dihentikan sementara menyusul penyebaran virus corona yang semakin masif di Inggris. Dalam rapat pekan lalu, otoritas Liga Inggris, FA, dan semua klub sepakat untuk melanjutkan penundaan hingga akhir Mei dan kompetisi akan kembali bergulir pada awal Juni.

SKY SPORTS


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT