Kompetisi Liga 2 Dibuka, Persiba Kalahkan Kalteng Putra 3-2
TEMPO.CO | 15/03/2020 05:12
Ilustrasi sepak bola. Reuters
Ilustrasi sepak bola. Reuters

TEMPO.CO, Jakarta - Persiba memulai kompetisi Liga 2 musim 2020 dengan memetik kemenangan tipis 3-2 atas Kalteng Putra di Stadion Batakan, Balikpapan, Sabtu.

Dalam pertandingan yang menjadi pembuka putaran kompetisi Liga 2 dan diawali dengan kick-off oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali itu, Persiba unggul terlebih dahulu pada menit ke-7.

Namun demikian, keunggulan gol yang dibuat Yusuf Effendi itu hanya bertahan 2 menit saja. Serangan Kalteng dari sayap kiri yang menghasilkan sepak pojok, kemudian disambut sundulan oleh Amin Syukur, bek yang turut menerjang ke depan. Bola menuju ke tiang jauh itu tak terbendung kiper Riki Pambudi dan mengubah skor menjadi 1-1.

Teror kepada pertahanan Persiba tak berhenti. Selang 2 menit kemudian, kembali serangan melalui sayap kanan Persiba berupa tendangan menyusur tanah dari Billy Keraf tak terjangkau kiper dan mengubah kedudukan menjadi 1-2.

“Baru 11 menit pertandingan, sudah 3 gol tercipta,” komentar Syahril, fotografer yang berada di belakang gawang Kalteng Putra.

Ketinggalan 2 gol cepat itu, Persiba mulai bermain taktis dan lebih tenang. Dominggus Fakdawer yang menjulang dan kokoh di tengah lini pertahanan segera memenangi duel udara dan sigap memotong umpan lawan. Imam Mahmudi menutup gerak striker Kalteng Melcior Majefat yang menusuk ke sektor kiri serta bahu membahu dengan pemain senior Eddy Gunawan di sisi kanan.

Bola juga mulai dimainkan untuk mendapatkan ball possession. Andre Dio Milandar, Bryan Cesar, Eljo Iba, dan Yusuf Effendi dengan sabar mengolah si kulit bundar.

Kali ini perlu 10 menit bagi Persiba untuk membongkar pertahanan Kalteng yang terdegradasi ke Liga 2 setelah sempat setahun berlaga di Liga 1

Di menit ke-20, setelah Aji Kusuma dilanggar di depan kotak penalti, wasit Tommi Manggopa pun memberikan tendang bebas tak langsung. Eksekusi oleh Eddy Gunawan deras tak terhadang kiper Sukasto Effendi sehingga skor imbang 2-2.

Tim Beruang Madu yang didukung ribuan penonton tak menyia-nyiakan momentum. Setelah pertandingan babak kedua dimulai, kiriman bola Andre Dio ke sayap kanan dikontrol dengan baik oleh Eljo Iba, yang kemudian berhasil melewati hadangan Amin Syukur. Eljo melepaskan umpan tinggi ke depan gawang, yang disambar Aji Kusuma. Skor 3-2 di menit ke-22.

Setelah kedudukan ini, Kalteng menyusun ulang pertahanannya yang membuat Beruang Madu kesulitan melakukan penetrasi. Begitu pula Kalteng yang kini menghadapi barisan biru yang lebih tenang. Bahkan, Bryan Cesar dan kawan-kawan melakukan tekanan jauh di atas pertahanan mereka, saat bola masih di sekitar kotak penalti Kalteng Putra. Segera bila kehilangan bola, para pemain merapat dan menekan.

Babak kedua berlangsung dengan tempo sedang. Kedua tim tidak mampu lagi benar-benar membahayakan gawang lawannya, antara lain karena tekel-tekel keras dan tekanan tinggi yang dilakukan jauh dari kotak penalti. Hingga akhir laga, Persiba berhasil mempertahankan skor 3-2 untuk keunggulannya.

“Dua gol cepat Kalteng Putra memang gol sulit. Tapi anak-anak tetap tenang dan akhirnya bisa membalikkan keadaan,” ujar pelatih Persiba Alfredo Vera.

Liga 2 Ditunda

Di sela-sela pertandingan antara Persiba melawan Kalteng Putra, Menpora menggelar rapat khusus di ruangan VIP Stadion Batakan. Hadir dalam pertemuan ini Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, Wakil Ketua Umum PSSI yang juga Dirut LIB Cucu Sumantri, Direktur Operasional LIB Sujarno, Direktur Bisnis LIB Rudy Kangdra, Komisaris Utama LIB Sonhadji, Komisaris LIB yang juga anggota Komite Eksekutif PSSI Hasani Abdulgani, serta anggota Komite Eksekutif PSSI Dirk Soplanit dan Yunus Nusi.

Pada pertemuan ini diputuskan, pertandingan Liga 1 dan Liga 2 pada Minggu 15 Maret 2020 merupakan yang terakhir kali sebelum aktivitas sepak bola di Indonesia dihentikan sementara terkait maraknya persebaran Virus Corona.

“Kita tentukan minimal dua pekan kompetisi berhenti, baik Liga 1 maupun Liga 2, sembari menanti perkembangan terkini atas persebaran Virus Corona,” kata Iriawan.

Dengan keluarnya keputusan ini, maka satu partai Liga 2 antara Persewar Waropen menjamu Putra Sunan Giri Gresik yang sedianya berlangsung Senin, 16 Maret 2020 di Stadion Cenderawasih Biak pun dipastikan ditunda. Demikian pula agenda pelatnas tim nasional di masa jeda kompetisi juga dibatalkan.

 

REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT