Liga Champions: Tottenham Kandas, Mourinho Torehkan Rekor Buruk
TEMPO.CO | 11/03/2020 06:30
Pelatih Tottenham Hotspur Jose Mourinho. Reuters
Pelatih Tottenham Hotspur Jose Mourinho. Reuters

TEMPO.CO, Jakarta - Pelatih Tottenham Hotspur Jose Mourinho harus melihat timnya disingkirkan RB Leipzig di babak 16 besar Liga Champions. Ia sekaligus menorehkan rekor buruk dengan hasil itu.

Tottenham takluk 0-3 di kandang lawan, Red Bull Arena Leipzig, dalam laga kedua pada Rabu dinihari WIB, 11 Maret 2020. Klub asal Inggris itu kebobolan oleh dua gol Marcel Sabitzer dan satu gol Emil Forsberg. Mereka tersingkir dengan agregat kekalahan 4-0.

Kekalahan ini menjadi torehan buruk buat Mourinho, yang malam itu menjalani laga ke-935 dalam kariernya. Ia kini gagal memberi kemenangan buat Spurs dalam enam laga di semua kompetisi. Ini menjadi kegagalan menang (dua seri, 4 kali kalah) paling lama sepanjang karier pelatih asal Portugal itu.

Hasil itu juga menjadi cela Mourinho di Liga Champions. Ia terus gagal menang dalam tiga partai knock-out kompetisi bergengsi Eropa terakhirnya, yakni dua kali melawan Leipzig dan satu saat masih melatih Chelsea dan dikalahkan PSG pada 2014-15.

Kekalahan kali ini juga menyamai kekalahan terbesar dalam kariernya di Liga Champions, menyamai kekalahan 4-1 saat memimpin Real Madrid melawan Borussia Dortmund pada April 2013.

Rekor buruk itu kontras dengan rekor cemerlang pelatih Leipzig, Julian Nagelsmann. Dengan keberhasilan meloloskan timnya, Nagelsmann menjadi pelatih termuda dalam sejarah Liga Champions yang akan memimpin tim di perempat final. Usianya baru 32 tahun 231 hari.

OMNI SPORT | OPTA


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT