Dua Gol Aubameyang Bawa Arsenal Empaskan Everton 3-2
TEMPO.CO | 24/02/2020 02:39
Penyerang Arsenal Pierre-Emerick Aubameyang, mencetak gol ke gawang Chelsea dalam pertandingan Liga Inggris di Stadion Emirates, London, 29 Desember 2019. Action Images via Reuters/Matthew Childs
Penyerang Arsenal Pierre-Emerick Aubameyang, mencetak gol ke gawang Chelsea dalam pertandingan Liga Inggris di Stadion Emirates, London, 29 Desember 2019. Action Images via Reuters/Matthew Childs

TEMPO.CO, Jakarta - Pierre-Emerick Aubameyang mengemas dua gol untuk membantu Arsenal menaklukkan tamunya, Everton, dengan skor 3-2 dalam laga pekan ke-27 Liga Inggris di Stadion Emirates, London, Minggu waktu setempat, 23 Februari 2020. Kemenangan itu sekaligus membawa Arsenal menyalip Everton di klasemen sementara.

Tambahan tiga angka membuat Arsenal kini mengoleksi 37 poin dan naik ke urutan kesembilan klasemen dengan melompati Everton (36) yang kini turun ke posisi ke-11. Sebaliknya untuk Everton, kekalahan itu mengukuhkan reputasinya yang tidak pernah menang di kandang The Gunners sejak Januari 1996.

Everton sebetulnya memulai pertandingan dengan cara terbaik yakni membuka keunggulan pada menit pertama ketika barisan pertahanan Arsenal gagal mengantisipasi tendangan bebas Gylfi Sigurdsson. Gol cepat itu dicetak Dominic Calvert-Lewin yang bereaksi cepat menyambut bola di dalam kotak penalti Arsenal dengan tendangan akrobatik untuk memperdaya kiper Bernd Leno.

Everton hampir menggandakan keunggulan jika saja Alex Iwobi sukses menyelesaikan umpan Richarlison, tetapi tendangannya melenceng tipis di atas mistar gawang bekas timnya itu. Keadaan tertinggal tampak kian memburuk bagi Arsenal sebab Sead Kolasinac harus menepi lebih awal karena cedera lengan dan digantikan oleh Bukayo Saka pada menit ke-18.

Namun, nasib Arsenal sesudah itu justru berubah. Saka mengirimkan sebuah umpan silang cantik ke dalam kotak penalti yang disambut tendangan voli Edward Nketiah demi menyamakan kedudukan pada menit ke-27.

Bak momentum, enam menit kemudian Arsenal berbalik memimpin 2-1 saat umpan terobosan David Luiz bisa dikendalikan oleh Aubameyang. Striker itu lalu menyelesaikannya dengan tembakan melengkung ke pojokan tiang jauh tak terjangkau kiper Jordan Pickford.

Kedua tim turun minum dalam kedudukan imbang 2-2 berkat gol Richarlison yang memanfaatkan situasi sepak pojok pada menit keempat injury time babak pertama.

Di babak kedua, giliran Arsenal yang membuat gol cepat. Babak kedua baru berjalan 23 detik ketika serangan pertama Arsenal diakhiri umpan silang Nicolas Pepe yang disambut tandukan Aubameyang. Gol, 3-2 untuk tuan rumah. 

Everton hampir menyamakan kedudukan lagi pada menit ke-58, tetapi Calvert-Lewin yang meluncur gagal menjangkau umpan tarik Richarlison di muka gawang. Lantas pada menit ke-72, Leno jadi pahlawan untuk mementahkan peluang Calvert-Lewin dari jarak dekat.

Hingga peluit panjang dibunyikan skor tetap bertahan. 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT