Pemain Garuda Select Diminta Lebih Saling Berteriak di Lapangan
TEMPO.CO | 24/02/2020 00:34
Garuda Select. (pssi.org)
Garuda Select. (pssi.org)
TEMPO.CO, Jakarta - Pelatih Kepala Garuda Select, Des Walker, menjelaskan komunikasi merupakan elemen penting yang paling sering harus dipahami oleh Bagus Kahfi dan kawan-kawan, baik ketika bertahan maupun saat menyerang. Koordinasi di antara para pemain dinilainya merupakan kunci keberhasilan sebuah skema permainan.

Des Walker rutin mengingatkan kepada para pemain untuk tetap saling berkomunikasi ketika berada di atas lapangan. "Jika para pemain tidak saling mengingatkan, skema yang diinginkan tidak akan berjalan dengan baik. Mereka harus lebih sering berteriak untuk meminta pemain di sebelahnya apa yang harus dilakukan," kata dia melalui siaran pers, Ahad, 23 Februari 2020.
 
Instruksi dari mantan pemain Nottingham Forest tersebut benar-benar diterapkan dengan baik oleh para pemain Garuda Select. Salah satunya adalah pemain paling konsisten di lini belakang, Kakang Rudianto. Pemain asal Cianjur ini memang menjadi langganan line-up di lini belakang ketika memulai pertandingan. 

Bagi Kakang, komunikasi sangat penting bagi para pemain untuk tetap berada pada posisinya. Selain itu, dengan tetap saling mengingatkan, rekan-rekannya juga jadi lebih mudah dalam menjalankan transisi bermain.

"Biasanya, kami saling berkoordinasi di belakang. Komando tidak harus datang dari saya, tetapi semua pemain belakang, bahkan termasuk kiper. Jadi, kami sudah tahu posisi masing-masing dan ketika ada yang keluar dari posisi awai, langsung diingatkan," kata Kakang.
 
Setelah melakukan adaptasi selama beberapa bulan, secara perlahan tapi pasti, kemampuan para pemain dalam berkomunikasi di atas lapangan semakin membaik. Terlihat pada hasil yang diraih pada pertandingan pertama melawan Northampton, dan laga terkini menghadapi Huddersfield. 

"Bagi saya, permainan paling memuaskan sebagai seorang bek yaitu ketika melawan Huddersfield kemarin. Kami benar-benar fokus sepanjang pertandingan, dan semua skema berjalan dengan baik sehingga bisa terhindar dari kebobolan," ucap pemain bernomor punggung 23 tersebut.
 
IRSYAN HASYIM
 
KOREKSI:
Judu artikel ini telah diperbaiki pada Senin 24 Februari 2020, Pukul 01.13 WIB. Terima kasih.
 

REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT