La Liga: Mengenal Martin Braithwaite, Rekrutan Darurat Barcelona
TEMPO.CO | 22/02/2020 16:37
Martin Braithwaite, pemain baru Barcelona. fcbarcelona.com
Martin Braithwaite, pemain baru Barcelona. fcbarcelona.com

TEMPO.CO, Jakarta - Barcelona mendapatkan pemain baru pada pekan ini. Klub La Liga Spanyol itu merekrut Martin Braithwaite dari klub la Liga lainnya, Leganes.

Bursa transfer pemain sebenarnya sudah tutup. Tapi di La Liga ada aturan yang membolehkan pemain melakukan transfer darurat ketika ada pemainnya yang absen lebih dari lima bulan. Kebetulan Barcelona baru kehilangan Ousmane Dembele hingga akhir musim.

Aturan di atas sempat dikeluhkan Leganes, yang tak bisa merekrut pemain penggantin Braithwaite. Padahal mereka membutuhkan penyerang tajam untuk menghindarkan diri dari degradasi. Direktur Leganes Martin Ortega mengatakan, "Kami menganggap bahwa ada peraturan yang tidak adil, dari mana Barcelona mendapat manfaat. Tapi justru klub yang dirugikan karena ini adalah Leganes."

Lalu, siapakah Martin Braithwaite? Dia adalah striker internasional Denmark yang pernah mengecap rasanya bermain di liga di Inggris, Prancis dan, yang terakhir, Spanyol. Ia berasal dari Esbjerg, dan bermain untuk tim lokalnya di Denmark sebelum pindah ke klub Ligue 1 Toulouse pada 2013-14.

Braithwaite kemudian beralih ke Inggris, bermain untuk Middlesbrough selama dua musim. Waktunya di Inggris diselingi oleh peminjaman ke Bordeaux dan Leganes. Braithwaite membuat langkah permanen ke Leganes pada musim panas 2019, ia berhasil mencetak total 10 gol dalam 43 penampilan La Liga untuk klub, sebelum akhirnya pindah ke Barcelona pada Februari 2020.

Dia telah menjadi bagian dari timnas Denmark sejak 2013 dan bermain untuk negaranya di Piala Dunia 2018. Dia akan menjadi pemain Denmark kelima yang berman untuk Barcelona, mengikuti jejak Allan Simonsen, Michael Laudrup, Thomas Christiansen dan Ronnie Ekelund.

Barcelona membayar biaya 18 juta pound sterling (Rp 321 miliar) ke Leganes untuk membawa Martin Braithwaite ke Catalunya. Leganes terpaksa menerima tawaran itu karena memenuhi klausul pembebasan pemain internasional Denmark itu. Pemain berusia 28 tahun itu telah menyetujui kontrak empat setengah tahun dengan Blaugrana.

GOAL | NURUL FARA


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT