Liga Champions: 5 Catatan dari Kemenangan Atletico atas Liverpool
TEMPO.CO | 20/02/2020 00:34
Pemain Liverpool Sadio Mane dihadang oleh pemain Atletico Madrid Sime Vrsaljko saat bertanding dalam babak 16 besar Liga Champions di Wanda Metropolitano, Madrid, Spanyol, 18 Februari 2020. REUTERS/Susana Vera
Pemain Liverpool Sadio Mane dihadang oleh pemain Atletico Madrid Sime Vrsaljko saat bertanding dalam babak 16 besar Liga Champions di Wanda Metropolitano, Madrid, Spanyol, 18 Februari 2020. REUTERS/Susana Vera

TEMPO.CO, Jakarta - Liverpool mengalami kekalahan yang mengecewakan pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions di kandang Atletico Madird, Rabu dinihari WIB. Mereka takluk oleh gol Saul Niguez.

Berikut sejumlah fakta dan catatan dari laga tersebut:

1. Liverpool Juga Punya Kelemahan

Seperti tim-tim raksasa lainnya, Liverpool juga ternyata punya kelemahan. Meski tetus tampil luar biasa di Liga Inggris, mereka tak berkutik di Wanda Metropolitano. Mereka kebobolan saat laga baru berlangsung empat menit lalu kesulitan menghadapi gaya bertahan lawan.

Jurus tim asuhan Diego Simeone membuat The Reds mati kutu. Para penyerang mereka bahkan tak berhasil mengarahkan satu tendangan ke gawang pun di laga ini, untuk pertama kalinya dialami Liverpool sepanjang musim ini.

2. Pemain Atletico Madrid yang Penuh Akting

Tampaknya Atletico diberi instruksi khusus oleh Diego Simeone. Para penain klub La Liga ini seperti menyajikan gaya serupa: sering jatuh di setiap kesempatan, terutama di babak pertama.

Perlu disoroti khususnya insiden Sadio Mane yang menerima kartu kuning karena dianggap melakukan pelanggaran terhadap pemain Atletico, Sime Vrsaljko. Para pemain Atltico saat itu tampak berusaha keras membuat Mane diusir. Wasit mungkin melihat pola tersebut, tetapi hal itu tidak menghentikan para pemain tuan rumah untuk mengulangi trik mereka pada babak kedua.

3. Serangan terhadap Mane

Mane memiliki awal permainan yang penuh aksi bersama The Reds. Pahlawan Anfield itu kembali ke starting line up setelah gol nya sebagai pemain pengganti dalam kemenangan atas Norwich City beberapa waktu lalu.

Mane bermain, lolos dari kartu merah, namun ditarik dan digantikan oleh Divock Origi. Tidak pasti apakah keputusan itu diambil Klopp untuk menghindari kartu merah, yang jelas Origi tidak membawa ancaman dan serangan yang sama seperti Mane.

4. Malam Henderson Berakhir Tak Baik

Setelah berhasil membawa The Reds meraih kemenangan di Liga Champions musim lalu, Jordan Henderson terbukti sangat penting dalam upaya mereka meraih kemenangan di liga kali ini.

Namun sayangnya, pertandingan malam ini bukan yang bagus bagi Henderson. Atletico telah memberikan timnya malam yang sulit. Yang lebih parah, kapten tim itu hanya bermain 10 menit lebih karena mengalami cedera dan tampak sangat tidak nyaman. Ia akhirnya digantikan oleh James Milner.

5. Ancaman dari Andy Robertson

Bek Liverpool itu mengomentari reaksi yang ditunjukkan oleh para pemain Atletico saat berhasil mengalahkan Liverpool, "Mereka merayakannya seolah telah memenangi semua pertandingan. Ketika mereka datang ke Anfield, mereka akan melihat penggemar kami ada di sana."

Ia menlanjutkan, "Kami menampilkan performa yang baik dan kami tahu kami bisa lebih baik. Kami memiliki leg kedua untuk memperbaikinya."

Selain itu, Robertson juga mengkritik upaya-upaya yang dilakukan pemain Spanyol itu untuk membuat Mane diusir dari lapangan pada babak pertama. "Kami memberi mereka awal yang baik dan penggemar mereka juga ada di belakang mereka, lalu kemudian mereka mulai jatuh hanya dengan sedikit bersentuhan."

Kedua tim akan kembali bertemu pada 11 Maret di Anfield.

MIRROR | NURUL FARA

 

REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT