Preview Arema FC Vs Sabah FA di Piala Gubernur Jatim 2020 Selasa
TEMPO.CO | 11/02/2020 05:49
Arema FC. (instagram/@aremafcofficial.fc)
Arema FC. (instagram/@aremafcofficial.fc)

TEMPO.CO, JakartaArema FC akan menghadapi klub Malaysia, Sabah FA, dalam laga pertamanya di Grup B turnamen pramusim Piala Gubernur Jatim 2020. Pertandingan akan berlangsung di di Stadion Kanjuruhan Kepanjen Malang, Selasa, 11 Februari 2020, mulai 18.30 dan disiarkan MNCTV.


Arema FC mengincar kemenangan pada tiap laga turnamen ini. Pelatih klub itu, FC Mario Gomez, mengatakan bahwa sebelum pelaksanaan turnamen, timnya telah mempersiapkan diri dengan melakoni porsi latihan cukup keras.

"Ada target ingin menang terus pada tiap pertandingan di turnamen ini, tapi yang harus dipahami adalah, sebelum turnamen ini, tim sudah berlatih keras," kata Gomez dalam jumpa pers di Kota Malang, Jawa Timur, Selasa.

Pelatih asal Argentina itu menambahkan, dalam dua hari terakhir, anak asuhannya tidak mengendorkan porsi latihan yang dilakoni, mengingat saat ini merupakan waktu dimana tim tengah bersiap untuk memasuki kompetisi Liga 1, selain juga untuk turnamen Piala Gubernur Jatim 2020.

Laga yang akan dijalani pada turnamen pramusim Piala Gubernur Jawa Timur 2020 tersebut, lanjut Gomez, akan dijadikan bekal Arema FC untuk menghadapi laga perdana Liga 1, yang akan dilangsungkan pada 2 Maret 2020.

"Besok memang penting, tiap laga juga penting, apalagi kita tim besar. Tapi yang paling penting adalah pada 2 Maret 2020, pertandingan perdana," ujar Gomez.

Menurut Gomez, apa yang terjadi pada tahun sebelumnya tidak diharapkan terulang lagi pada 2020. Pada 2019, Arema FC menjadi juara pada turnamen Piala Presiden, namun harus puas berada di posisi ke-9 pada musim kompetisi Liga 1.

"Tahun ini kita bermain bukan untuk menggapai urutan ke-9 lagi. Mungkin besok menang, tapi di musim kompetisi anda harus bisa bermain konsisten, terutama fisik," ujar Gomez.

Saat ini, lanjut Gomez, kondisi fisik anak-anak asuhannya berada pada tahapan cukup baik, berkisar 60-70 persen dari kondisi sempurna. Sementara untuk taktik pemahaman sepak bola, masih berada pada kisaran 40-50 persen.

"Kenapa, mereka membutuhkan waktu lagi, karena proses adaptasi. Karena pemain mayoritas baru, ada teman baru, pelatih baru, dan cara berfikir baru dalam tim ini," kata Gomez.

Dalam kesempatan itu, gelandang Arema FC Hendro Siswanto mengatakan bahwa menjelang laga pertama Piala Gubernur Jatim 2020, rekan-rekan setimnya ingin menunjukkan permainan terbaik.

"Semua pasti ingin menunjukkan yang terbaik, salah satunya bermain baik dan menang. Target kami selalu menang di tiap pertandingan," kata Hendro.

Sementara itu, Sabah FA akan tampil dengan didampingi pelatih asal Indonesia, Kurniawan Dwi Yulianto. Mereka akan menjadi ajang ini untuk menerapkan strategi permainan sebelum kompetisi Malaysia Super League 2020 digelar.

Kurniawan Dwi Yulianto mengatakan, anak-anak asuhannya akan mendapatkan pengalaman berharga pada turnamen tersebut, karena menghadapi tim yang berlaga pada Liga 1 Indonesia.

"Kami menekankan ke pemain, seluruh tim yang bermain di Liga 1 adalah tim kuat. Ini jadi pengalaman yang baik bagi kami," kata Kurniawan, di Kota Malang, Jawa Timur, Senin.

Sabah FA pada pertandingan pertama Piala Gubernur Jawa Timur 2020 akan menghadapi Arema FC, yang didukung penuh suporternya, karena bermain di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Menurut Kurniawan, Arema merupakan tim besar dengan dukungan suporter yang luar biasa. Terlebih, dengan adanya beberapa perubahan di tubuh Arema FC, semakin menjadikan tim asuhan Mario Gomez itu lebih kuat.

"Perubahan yang ada di Arema bukan membuat mereka lebih lemah, tapi lebih kuat, dan sekarang dilatih oleh pelatih yang kita tahu kualitasnya," kata Kurniawan.

Menurut Kurniawan, sejauh ini timnya telah meracik strategi untuk menjalani kompetisi di Malaysia pada musim 2020. Strategi tersebut bakal dicoba pada laga Piala Gubernur Jawa Timur 2020.

"Dengan adanya pertandingan seperti ini, kita bisa melihat seberapa jauh progres dari tim, dan juga untuk mengetahui sampai dimana kelemahan serta komposisi yang pas untuk kompetisi," kata Kurniawan.

Turnamen pramusim Piala Gubernur Jawa Timur 2020, terbagi menjadi dua grup yang masing-masing berisi empat tim. Pada Grup A ada Madura United, Persik kediri, Persebaya Surabaya, dan Bhayangkara FC. Sementara Grup B diisi Arema FC, Persija Jakarta, Persela Lamogan, dan Sabah FA. Dua tim terbaik dari masing-masing grup akan melaju ke babak semifinal.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT