Persib Pakai Formasi Tiga Bek, Begini Interepretasi Nick Kuipers
TEMPO.CO | 09/02/2020 12:32
Nick Kuipers merayakan gol kemenangan. PERSIB.co.id/Rivan  Mandala
Nick Kuipers merayakan gol kemenangan. PERSIB.co.id/Rivan Mandala

TEMPO.CO, Bandung - Bek Persib Bandung Nick Kuipers mengaku nyaman dengan formasi tiga bek yang dipakai pelatih Robert Rene Alberts akhir-akhir ini. Menurut pemain asal Belanda itu, formasi itu menjadi hal positif bagi sektor pertahanan Persib.

Menurut Nick, berdasarkan skema tiga bek tengah yang diterapkan Persib, sebetulnya tetap memakai dua bek di belakang, hanya saja satu bek yang berada di tengah mendapatkan tugas lebih maju dan berfungsi untuk bisa membantu dalam membangun serangan dari sektor belakang.

"Sebenarnya kami tetap bermain dengan formasi dua bek tengah dan satu di depan kami dan saya merasa bagus. Jadi saya rasa ini langkah yang positif," ucap Kuipers di Bandung, Sabtu, 8 Februari 2020.

Pemain berusia 27 tahun itu mengatakan sebelumnya sempat menjadi bagian dalam formasi tiga bek saat masih bermain sepak bola di Belanda. Mantan pemain ADO Den Haag itu mengatakan taktik itu cukup familiar di Belanda.

"Saya pernah memainkan taktik (tiga bek) itu lebih banyak di Belanda dan saya merasa bagus. Kami juga bisa memenangkan laga dengan skema ini, jadi ini positif," katanya.

Kuipers pun mengatakan mampu cepat beradaptasi dengan kedua pemain belakang Persib, Igbonefo dan Fabiano dalam mengamankan sektor benteng pertahanan Persib Bandung. Menurut dia, Igbonefo dan Fabiano merupakan bek kaya pengalaman dan memiliki kualitas bagus.

"Mereka (Fabiano dan Igbonefo) merupakan pemain yang bagus dan sangat pintar, saya pikir kami butuh itu dalam tim, pemain yang pintar. Saya pikir mereka orang yang baik," ujarnya.

AMINUDDIN A.S.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT