Van Dijk dan Salah Antar Liverpool Gasak Manchester United 2-0
TEMPO.CO | 20/01/2020 01:31
Pemain Liverpool Mohamed Salah berselebrasi setelah menjebol gawang Sheffield United dalam laga lanjutan Liga Inggris di Stadion Anfield, Inggris, 2 Januari 2020. Liverpool berhasil mengalahkan Sheffield United dengan skor 2-0 dalam lanjutan Liga Inggris
Pemain Liverpool Mohamed Salah berselebrasi setelah menjebol gawang Sheffield United dalam laga lanjutan Liga Inggris di Stadion Anfield, Inggris, 2 Januari 2020. Liverpool berhasil mengalahkan Sheffield United dengan skor 2-0 dalam lanjutan Liga Inggris pekan ke-21. REUTERS

TEMPO.CO, JakartaLiverpool unggul 2-0 atas Manchester United, dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion Anfield, Liverpool pada Minggu 19 Januari 2020.

Turun full team, Liverpool yang belum terkalahkan dalam kompetisi Liga Inggris langsung menguasai lapangan. Serangan-serangan The Reds mengandalkan duet striker terbaik Afrika, Sadio Mane dan Mohamed Salah.

Gol perdana Liverpool justru lahir dari pemain belakang Virgil van Dijk di menit 14. Pemain timnas Belanda itu dengan mudah menanduk bola hasil sepak pojok dari sisi kiri pertahanan Manchester United. Tanpa pengawalan ketat, Van Dijk menaklukkan kiper David De Gea yang hanya bisa terpana menyaksikan gawangnya bobol.

Setelah gol itu, serangan Liverpool semakin menjadi-jadi. Mereka bisa menahan serangan Manchester United hampir setengah lapangan, sehingga membuat kiper Alisson Becker banyak menganggur.

Pada menit ke-23 Liverpool nyaris mendapat gol tambahan lewat sontekan Mane, namun mampu ditangkal oleh Luke Shaw yang berjibaku di depan De Gea. Gol Liverpool yang dicetak Roberto Firmino pada menit 24 juga dianulir wasit Craig Pawson, setelah sebelumnya Van Dijk terbukti melanggar De Gea lewat pembuktian VAR.

Hingga wasit Pawson meniup peluit akhir babak pertama, laga Liverpool vs Manchester United tetap 1-0.

Pada babak awal babak kedua, Liverpool masih mengusai pertandingan. Sebagai perbandingan, The Reds mampu membuat 11 sepak pojok sementara Manchester United tidak ada sama sekali. Hanya berkat kecemerlangan permainan De Gea, gawan Setan Merah selamat dari kebobolan lebih banyak.

Manchester United berusaha meningkatkan serangan menjelang akhir babak kedua. Namun serbuan Setan Merah hanya menghasilkan sepak pojok. Justru sebaliknya Liverpool mampu mencuri gol tambahan lewat Salah.

Saat injury time, Salah memaksimalkan serangan balik dari umpan kiper Becker yang langsung menusuk jantung pertahanan Manchester United. De Gea yang ditinggal sendirian di depan gawang tak mampu menahan sontekan Salah dari jarak dekat pada menit 90+3. Kedudukan pun berubah menjadi 2-0.

Berkat kemenangan ini, Liverpool semakin kokoh di puncak klasemen Liga Inggris dengan poin 64 sementara Manchester United tetap berada di peringkat ke-5 dengan nilai 34.




REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT