Berita Bola Hari Ini: 5 Kabar Terbaru Persib Bandung
TEMPO.CO | 13/01/2020 03:05
Latihan Persib Bandung. (persib.co.id)
Latihan Persib Bandung. (persib.co.id)

TEMPO.CO, JakartaBerita bola pada Ahad, 12 Januari 2020, menyajikan sejumlah kabar baru soal klub Persib Bandung. Tim ini sedang bersiap menghadapi musim baru Liga 1 dengan mengikuti turnamen Asia Challenge di Selangor, Malaysia, pada 18-21 Januari. Mereka juga masih terus memburu dan mengetes pemain.

Berikut sejumlah kabar itu:

Robert Arbert Gabung di Malaysia

Persib Bandung tak didampingi pelatih kepalanya, Robert Rene Alberts, guna mempersiapkan diri untuk berlaga di ajang turnamen Asia Challenge, Malayasia. Kini latihan rutin Persib pun hanya ditangani para asisten pelatihnya saja.

Pelatih fisik Persib, Yaya Sunarya, mengatakan tak masalah Robert Alberts tidak bisa mendampingi anak asuhnya dalam persiapan turnamen itu. Pasalnya, kata dia, materi latihan yang dilahap Kim Jeffrey Kurniawan dan kawan-kawan sudah dipersiapkan jauh-jauh hari.

"Sebenarnya sama saja (tanpa Robert), karena programnya kan sudah kita buat sebelum tahap liburan, lalu kita sudah kordinasi dan memilih pemain yang sudah kita lihat nanti lalu pemain (baru) yang menyusul," kata Yaya seusai latihan rutin di Universe Fitness, Jalan Manado, Bandung, Sabtu, 11 Januari 2020.

Robert Alberts saat ini masih berada di kampung halamannya Belanda. Ia baru akan bergabung dengan Persib di Malaysia nanti pada 18 Januari 2020. "Coach Robert gabung di Malaysia nanti," katanya.

Maung Bandung hanya memiliki waktu sekitar lima hari saja guna mempersiapkan diri melakoni laga di turnamen Asia Challenge. Yaya menitikberatkan pada masalah fisik pemainnya usai libur panjang. "Kami ada waktu 5 hari dan kami siapkan buat di turnamen juga jaga kebugaran pemain baik secara fisik, teknik, dan taktik. Harapannya ini sebagai motivasi kepada pemain yang akan disiapkan ke Malaysia," katanya.

Persib Bandung akan menantang tiga klub raksasa di Asia Tenggara. Ketiganya yakni Selangor FA (Malaysia), Hanoi FC (Vietnam), dan Bangkok United (Thailand). Turnamen itu dijadikan Persib sebagai ajang persiapan menyongsong Liga 1 2020, mendatang. Turnamen itupun diharapkan bisa menambah waktu bermain permain yang di liga sebelumnya banyak dicadangkan. "Rencananya kami berangkat tanggal 16 (Januari 2020)," ujar dia.

Selanjutnya: Kabar Guy Junior

Batal Rekrut Guy Junior

Persib Bandung memutuskan tak jadi merekrut bomber naturalisasi Guy Junior. Direktur PT Persib Bandung Teddy Tjahyono mengatakan batalnya merekrut Guy Junior lantaran tidak ada kesepakatan nilai kontrak dengan mantan pemain PSM Makassar itu.

"Saya tidak bisa jelaskan poin-poinnya, tapi yang jelas ada beberapa poin yang membuat kami dan Guy Junior tidak menemui kesepakatan. Jadi kami putuskan Guy batal ke Persib," kata Teddy, Ahad, 12 Januari 2020.

Usai batal mengontrak Guy Junior, Teddy mengatakan enggan berburu-buru untuk mendatangkan pemain anyar ke Persib. Pasalnya, kata dia, tenggat waktu pendaftaran pemain untuk Liga 1 2020 masih cukup lama. "Belum ada rencana (mendatangkan pemain baru) lagi. Kami tunggu pelatih saja. Apalagi penutupan pendaftaran pemain masih lama, kalau tidak salah tanggal 28 Februari (2020)," kata Teddy.

Puja Abdillah Maksimalkan Kesempatan

Pemain depan Persib Bandung, Puja Abdillah, bertekad memaksimalkan kesempatan tampil di turnamen Asia Challenge di Malaysia.Ia menjawab kepercayaan pelatih saat dipercaya tampil.

Pemain bernomor punggung 27 tersebut masuk daftar yang akan diboyong ke Malaysia oleh pelatih Robert Alberts. Baginya, turnamen ini menjadi ajang membalas kepercayaan dengan cara unjuk kemampuan. "Pastinya, kesempatan buat saya dan tidak mau disia-siakan. Selama persiapan minggu ini akan saya maksimalkan. Kami akan kerja keras untuk meraih hasil maksimal," kata Puja, Minggu 12 Januari 2020.

Kesempatan mendapat menit bermain pada turnamen internasional diharapkan berdampak pada menit bermain di kompetisi resmi. Untuk itu, Puja akan kerja lebih keras lagi. "Tentu harus lebih kerja keras dan memaksilmalkan setiap kesempatan yang diberikan pelatih. Karena, saya punya target musim ini bisa meraih juara bersama PERSIB. Saya berharap, secara pribadi bisa lebih baik dari kemarin," ucapnya.

Selanjutnya: Soal Wander Luiz dan JoelVinicius, juga Beltrame

Wander Luiz dan Joel Vinicius Ikuti Latihan

Dua pemain asing asal Brasil, Wander Luiz dan Joel Vinicius, yang kini merapat ke Bandung masih berstatus menjalani trial di Persib dan belum pasti akan dikontrak. Keduanya sudah mulai mengikuti latihan bersama skuad Maung Bandung di Stadion Arcamanik, Kota Bandung, Minggu, 12 Januari 2020.

Luizdan Vinicius hadir bersamaan di lapangan sekira pukul 14.30 WIB. Mereka langsung bertegur sapa dengan Pelatih Fisik Persib, Yaya Sunarya dan langsung menjalani latihan terpisah.
Teddy Tjahjono mengatakan duo Brasil itu saat ini akan dipantau kemampuannya oleh tim pelatih selama beberapa waktu ke depan. "Mereka (Wander dan Joel) akan dipantau dulu oleh tim pelatih sampai selesai turnamen Asia Challenge di Malaysia," kata Teddy di Bandung, Minggu.

Persib Bandung berencana akan membawa duo pemain Brasil yakni Joel Vinicius dan Warner Luiz untuk ikut dalam tur pramusim Asia Challenge 2020 di Malaysia.

Beltrame Sudah Gabung

Bek tengah Persib Bandung Fabiano Beltrame memulai latihan perdana bersama skuad Maung Bandung usai libur panjang. Fabiano tampak mengikuti sesi latihan pagi di Universe Fitness, Jalan Manado, Bandung, Sabtu, 11 Januari 2020.

Sebelumnya, pemain naturalisasi itu pulang kampung ke Brasil dan baru kembali lagi ke Bandung pada Jumat, 10 Januari 2020. Keesokan harinya, Fabiano langsung ikut gabung untuk latihan dengan rekan-rekan lainnya di Persib. "Ya kondisi baik, senang bisa kembali. kemarin saya tetap jaga kondisi di kampung karena tahu musim ini saya bisa main makanya jaga kondisi untuk persiapan lebih awal jadi saya datang lebih awal," ucap Fabiano usai latihan.

Pemain berusia 37 tahun itu menjadi salah satu pemain yang akan diboyong Persib ke Malaysia. Skuad asuhan Robert Rene Alberts akan melakoni turnamen pra musim bertajuk Asia Challenge di Kuala Lumpur, Malayasia pada 18 Januari 2020, mendatang.

"Kita ada uji coba di malaysia dan saya harus persiapan untuk kesana dan kembali konsentrasi ke pertandingan. Ya saya ikut (ke Malaysia), maka dari itu sebaik mungkin persiapan kemarin dan bisa main bagus disana," ujarnya.

Fabiano menargetkan skuad Maung Bandung bisa tampil garang di turnamen pra musim itu. Bisa meraup kemenanga dalam setiap pertandingan menjadi target yang diusung Fabiano dan kawan-kawan. Persib dijadwalkan akan bentrok dengan Selangor FA, Bangkok United dan Hanoi FC di turnamen Asia Challenge nanti.

"Persiapan kami sudah bagus dan banyak pemain baru juga datang (termasuk) pemain asing juga mungkin, kita masih persiapan juga kita baru satu minggu lalu berangkat, mungkin lawan sudah latihan berhari hari tapi itu bukan alasan dan kita ingin main bagus dan menang disana," ucap dia.

Sudah satu musim Fabiano dikontrak Persib. Namun, nahas nasib yang harus diterimanya lantaran meskipun dia resmi dikontrak Persib, akan tetapi Fabiano tak bisa dimainkan di Liga 1 musim lalu karena proses naturalisasinya tersendat. Walhasil, Fabiano hanya bisa gigit jari lantaran tak didaftarkan Persib untuk turun di kompetisi tertinggi di Tanah Air musim lalu.

Kini, Fabiano Beltrame berambisi bisa diturunkan Persib Bandung lantaran dia kini sudah resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI) usai proses naturalisasinya rampung. "Ya musim ini saya bisa main," kata dia.

AMINUDDIN AS | PERSIB | LIGA INDONESIA


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT