Hasil Liga 1: Kalahkan PSM 2-5, Persib Berpeluang Finis 5 Besar
TEMPO.CO | 22/12/2019 17:21
Pemain Persib Bandung Ezechiel Ndouasel. ANTARA/Raisan Al Farisi
Pemain Persib Bandung Ezechiel Ndouasel. ANTARA/Raisan Al Farisi

TEMPO.CO, JakartaPersib Bandung berhasil meraih kemenangan dalam laga terakhirnya di Liga 1 musim 2019. Mereka sukses mengalahkan PSM Makassar dengan skor 5-2 dalam pertandingan di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Ahad, 22 Desember 2019.

Persib mengawali laga kandangnya itu dengan buruk. Mereka kebobolan oleh gol Ferdinand Sinaga saat laga baru berjalan enam menit.

Namun, Ezechiel Ndouassel bisa menyamakan kedudukan dengan golnya pada menit ketujuh. Penyerang asal Chad itu kemudian mencetak gol keduanya pada menit ke-33. 

Laga ini sekaligus jadi pertandingan perpisahan bagi Hariono, yang sudah diputuskan akan dilepas Persib. Pemain itu tampil sebagai pemain pengganti, menggantikan Ghozali Siregar pada menit ke-54.

Hariono kemudian mampu menutup kiprahnya di Persib dengan mengesankan. Gelandang veteran itu mencetak gol ketiga Persib pada menit ke-67.

Ezechiel mencetak gol ketiganya di laga itu pada menit ke-71. Gawang I Made Wirawan sempat kembali bobol pada menit ke-73, lewat aksi Rapahael Maitimo. Namun, Ezechiel lantas mencetak gol keempatnya pada menit ke-88. Skor akhir 5-2.

Dengan kemenangan, Persib untuk sementara berhasil mewujudkan targetnya untuk finis di posisi lima besar. Tim asuhan Robert Alberts itu diuntungkan karena dalam laga lain Borneo FC hanya bermain imbang 2-2 dengan Persipura Jayapura. 

Kini Persib menempati posisi kelima klasemen dengan nilai 51, di bawah Persipura (53) dan di atas Borneo FC (51). Meski nilai sama, Persib berada di atas Borneo karena rekor head-to-head lebih baik.

Namun, posisi mereka belum aman. Persib bisa turun satu tingkat bila pada malam nanti Madura United bisa mengalahkan Bali United. Kini, Madura United ada di posisi ketujuh, hanya terpaut satu poin di belakang Maung Bandung.

Bagi PSM Makassar, kekalahan itu menandai periode akhir yang buruk. Juara Piala Indonesia itu tak pernah menang dalam enam laga terakhirnya. Kini mereka menempati posisi ke-12 klasemen dengan nilai 44.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT