PSSI Laporkan Implementasi Inpres Sepak Bola pada Jokowi
TEMPO.CO | 17/12/2019 04:32
Ketua Umum PSSI Muhammad Iriawan, bersama dengan sejumlah pengurusnya saat menemui Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Senin 16 Desember 2019. Presiden juga mengucapkan selamat atas terpilihnya kepengurusan PSSI periode 2019-2023. TEMPO/Subekt
Ketua Umum PSSI Muhammad Iriawan, bersama dengan sejumlah pengurusnya saat menemui Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Senin 16 Desember 2019. Presiden juga mengucapkan selamat atas terpilihnya kepengurusan PSSI periode 2019-2023. TEMPO/Subekti.

TEMPO.CO, Jakarta - Wakil Ketua Umum PSSI, Cucu Sumantri, mengatakan salah satu agenda pertemuan pengurus dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi yakni melaporkan implementasi dari Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 Tahun 2019 tentang Percepatan Sepak Bola Nasional. Menurut Cucu, dalam pertemuan itu Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan alias Iwan Bule melaporkan tahapan yang bakal dilakukan oleh PSSI.

"Sehingga beliau (Presiden Jokowi) memberikan arahan kepada Menseskab dan mempora untuk tindaklanjuti sesuai dengan apa yang tadi dilaporkan ketua umum," kata Cucu saat dihubungi Tempo, Senin, 16 Desember 2019.

Jokowi juga meminta PSSI supaya menyiapkan timnas untuk berlaga di Piala Dunia U-20 tahun 2021. Presiden Jokowi, kata Cucu juga meminta supaya pembenahan dalam struktur pengurusan PSSI. "Artinya untuk itu menata dalam rangka pembinaan pemain dari usia muda sampai senior," kata dia.

Sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20, kata Cucu, harapan dari Presiden Jokowi bisa memberika prestasi yang membanggakan. Ia mengatakan minimal Timnas U-20 tidak menjadi bulan-bulan tim lawan di babak penyisihan grup. "Paling tidak kita tidak sampai memalukan, kita diminta dari pelatih yang mumpuni," ungkap dia.

Presiden Jokowi menerima kedatangan jajaran pengurus Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) di Istana Merdeka, Jakarta, Senin, 16 Desember 2019.

Pengurus yang hadir di antaranya Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, Wakil Ketua Umum PSSI Cucu Sumantri dan Iwan Budianto. Dalam pertemuan itu, Jokowi memberikan pesan kepada jajaran PSSI untuk membenahi sepak bola Indonesia. "Sepak bola Indonesia ditunggu oleh masyarakat, jadi kita harus betul-betul berbenah, harus berani berubah," kata Jokowi.

Jokowi juga meminta agar PSSI memperbaiki sistem dan proses kompetisi secara besar-besaran. Sebab, dengan pembenahan itu, nantinya akan muncul bibit pesepakbola yang baik dan pentingnya pembinaan sejak usia dini.

IRSYAN HASYIM

 

REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT