PSSI Berusaha Ganti Manahati dan Septian dari Timnas U-23
TEMPO.CO | 31/10/2019 04:22
Sejumlah pemain Timnas U-23 dan pemain Timnas senior Evan Dimas (kanan) mengikuti pemusatan latihan nasional (Pelatnas) di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Jumat, 25 Oktober 2019. Pada latihan untuk persiapan ajang SEA Games 2019 di Fili
Sejumlah pemain Timnas U-23 dan pemain Timnas senior Evan Dimas (kanan) mengikuti pemusatan latihan nasional (Pelatnas) di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Jumat, 25 Oktober 2019. Pada latihan untuk persiapan ajang SEA Games 2019 di Filipina itu pemain timnas senior Evan Dimas dan Hansamu Yama bergabung mengikuti latihan. ANTARA

TEMPO.CO, Jakarta - PSSI tengah mengupayakan pergantian Pdari Timnas U-23 yang akan berlaga di SEA Games 2019. Kedua pemain yang cedera itu akan digantikan dengan Ilija 'Spaso' Spasojevic dan Muhammad Rizky Pratama. 

"Kami sedang mengupayakan pergantian itu ke Komite Olimpiade Indonesia," kata kata Kepala Hubungan Media dan Promosi Digital PSSI, Gatot Widakdo, Jakarta, Rabu.

Menurut Gatot, baik Spaso yang berstatus pemain senior karena berusia di atas 23 tahun maupun Rizky (19 tahun) tidak terdaftar dalam 40 nama yang dimasukkan dalam daftar entry by name untuk SEA Games 2019.

PSSI pun akan melampirkan surat keterangan medis dari Manahati dan Septian sebagai pelengkap permohonan tersebut. "Kami belum tahu apakah diizinkan atau tidak. Yang jelas, kami mencobanya," tutur Gatot.

Sementara terkait izin ke klub, PSSI baru sebatas memberitahukan secara lisan termasuk ke klub Spaso Bali United. 

Timnas U-23 yang disiapkan untuk SEA Games 2019 dipusingkan dengan cedera yang menimpa beberapa pemain dalam beberapa hari terakhir.

Egy Maulana Vikri, Hanif Sjahbandi dan salah satu dari lima pemain senior ada di entry by name, Evan Dimas mengalami cedera pada Selasa (29 Oktober). Namun, kondisi mereka tidak parah dan masih bisa berlatih dengan tim.

Selain nama-nama yang sudah disebutkan, pemain senior lain yang dipanggil ke timnas U-23 yaitu Alberto ‘Beto’ Goncalves juga dalam kondisi tidak fit.

Beto belum bergabung dengan timnas U-23 karena masih dalam pemulihan cedera di klubnya Madura United. Dia pun tidak diturunkan dalam laga lanjutan Liga 1 Indonesia 2019 kontra Tira Persikabo, Rabu (30/10).

Sementara dua nama senior lain yaitu Zulfiandi dan Hansamu Yama dalam kondisi fit dan sudah berlatih dengan timnas U-22 sebelum kembali ke klub masing-masing.

Pertandingan cabang olahraga sepak bola putra SEA Games 2019 di Filipina berlangsung mulai 25 November 2019. Indonesia yang ditargetkan meraih medali emas bergabung di Grup B bersama Laos, Singapura, Brunei Darussalam, Vietnam dan juara bertahan Thailand.

Sebelum SEA Games 2019, timnas U-23 Indonesia akan menghadapi Iran di dua kali laga persahabatan pada pertengahan November 2019.
P


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT