Prediksi Liga 1: PSM Makassar vs Madura United
TEMPO.CO | 23/10/2019 19:42
Pemain bola Madura United Andik Vermansyah (kanan) melakukan selebrasi bersama rekan setimnya. ANTARA/Saiful Bahri
Pemain bola Madura United Andik Vermansyah (kanan) melakukan selebrasi bersama rekan setimnya. ANTARA/Saiful Bahri

TEMPO.CO, Jakarta - Madura United akan melakoni laga tandang melawan PSM Makassar dalam lanjutan Liga 1 2019 di Stadion Andi Mattalata Makassar, Kamis, 24 Oktober 2019. Pelatih Laskar Sape Kerrab, Rasiman, meminta Alberto Goncalves dan rekan-rekannya untuk memberikan penampilan terbaiknya agar tidak kecolongan seperti leg pertama semifinal Piala Indonesia, di mana Madura United kalah 1-0 atas tim tuan rumah.

"Kami sudah bicara, agar tidak kecolongan lagi. Kami yang Piala Indonesia, sudah hampir bisa menahan mereka. Tapi, terjadi gol yang tidak terduga. Nanti tidak boleh terulang," kata Rasiman, seperti dikutip dari situs resmi Madura United, Rabu, 23 Oktober 2019.

Berdasarkan catatan rekor, Madura United selalu kalah saat melawat ke Makassar sejak 2016. Selain itu, tim ini selalu kesulitan mencetak gol dan kebobolan di markas PSM. Greg Nwokolo dan kawan-kawan baru mencetak satu gol sejak 2016, tepatnya saat meraka kalah 6-1 musim 2017.

Rasiman berusaha mengabaikan rekor buruk timnya saat bertamu ke PSM. Ia bertekad memetik poin pertama di Makassar. "Kalau memang seperti itu, kami abaikan saja. Lupakan saja. Di sepak bola modern, rekor tidak terlalu berpengaruh. Kami akan coba untuk mendapatkan poin itu. Kami tahu semua tim sebelum bermain sudah punya satu poin. Madura punya, PSM juga punya," ujarnya.

Madura United saat ini sedang dalam tren positif. Dalam empat laga terakhir di Liga 1, tak terkalahkan, sekali imbang saat bermain di kandang PSS Sleman 2-2. Terakhir, tim asuhan Rasiman menang 1-2 atas tuan rumah Semen Padang, Minggu, 20 Oktober lalu.

Ambisi Madura United untuk memecahkan rekor buruk di PSM Makassar bisa saja terwujud. Sebab, sebelumnya, PSM kalah di kandang 0-1 dari Persija Jakarta pada Minggu, 20 Oktober lalu.

Namun, tentunya tidak akan mudah bagi Madura United untuk bisa menang di kadang PSM. Tim asal Makassar ini sebelumnya mempermalukan tamunya Arema FC dengan skor 6-2 pada Rabu pekan lalu.

Pelatih PSM, Darije Kalezic, menilai kekalahan timnya atas Persija pada akhir pekan lalu, karena memang tim tamu layak menang. Menurut Kalezic, tim berjulukan Macan Kemayoran itu tampil dengan motivasi tinggi agar menjauh dari zona degradasi. "Jika orang bertarung untuk tetap bertahan hidup, maka mereka bisa melakukan apa saja yang ingin dilakukan," kata Kalezic setelah pertandingan PSM kalah 0-1 atas Persija.

Meski timnya kalah, Kalezic menilai timnya bermain bagus. "Saya cukup bangga dengan usaha yang diberikan pemain. Namun, dengan satu tembakan saja yang mengarah ke gawang oleh Simic (Marko Simic), dan itu memang gol dunia sekaligus berhasil membuat mereka menang," kata pelatih PSM ini.

Rekor Pertemuan

Dalam sembilan pertemuan kedua tim sejak 20 Juli 2016, lima kali menang di laga kandang, empat kali kalah pada laga tandang. Bahkan, pada 12 November 2017, Madura United kalah telak 6-1 di kandang PSM.

Klasemen Liga 1

Saat ini, Madura United menempati peringkat dua klasemen sementara Liga 1 2019 dengan 41 poin dari 23 laga. Sementara, PSM Makassar menempati peringkat kesembilan dengan 30 poin dari 21 laga.

Prediksi

Madura United berpeluang menang di kandang PSM, tetapi peluang itu tipis. Sebab, tim asal Makassar itu tentu bakal bermain ngotot di hadapan pendukungnya apalagi sebelumnya mereka menelan kekalahan kandang 0-1 atas Persija.

MADURA UNITED FC | LIGA INDONESIA


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT