Moruinho Ungkap Penyebab Liverpool dan Man City Bisa Mendominasi
TEMPO.CO | 14/09/2019 12:31
Jose Mourinho. Reuters
Jose Mourinho. Reuters

TEMPO.CO, JakartaManchester City dan Liverpool menjadi kekuatan dominan di Liga Inggris dalam dua musim terakhir. Jose Mourinho memiliki analisis sendiri soal faktor yang membuat dua klub ini sulit disaingi tim lain.

Mooruinho, mantan pelatih Chelsea dan Manchester United, menyebut struktur klub yang dimiliki Manchester City dan Liverpool menjadi pembeda dari para rivalnya. Mereka dilatih oleh orang hebat, yang dikelilingi orang-orang yang memiliki ide yang sama.

"Saya pikir itu dipengaruhi struktur klub (dua besar)," kata Mourinho kepada The Telegraph.

Pelatih asal Portugal itu melanjutkan, “Ketika Anda melihat City misalnya, pemilik Ferran Soriano, [direktur sepakbola] Txiki Begiristain, Pep Guardiola, staf Pep dan kemudian para pemain. Ini terlihat seperti harmoni, empati, kimia, kualitas, berbagi proyek yang sama, berbagi ide yang sama."

Liverpool juga dinilainya tak jauh berbeda. "Saya juga berpikir bahwa Jurgen (Klopp) berada dalam posisi yang baik. Dia sangat stabil. Saya pikir dia memiliki kendali atas wilayahnya. Dia didukung oleh orang-orang yang berpikir dengan cara yang sama, dalam struktur klub."

Ia mengakui bahwa Guardiola dan Klopp merupakan pelatih hebat yang bisa jadi faktor pembeda. Namun, dengan struktur klub yang dimiliki, City dan Liverpool dinilainya akan mampu tetap bersaing di lever teratas .

“Saya pikir jika kelak salah satu dari mereka pergi dan pelatih top lainnya datang --tentu saja ia harus top seperti mereka-- tim akan tetap ada di sana (pada level itu). Saya pikir kinerja adalah hal global. Saya pikir begitulah pada dasarnya," kata Mourinho, yang masih menganggur sejak dipecat Manchester United dan kini lebih sering menjadi komentator.

Liverpool dan Manchester City saat ini bersaing di dua besar. Liverpool terus menang dalam empat laga awalnya, sedangkan Man City sempat sekali ditahan lawannya.

Pada Sabtu malam ini, Liverpool akan menjamu Newcastle, sedangkan Manchester City berlaga di kandang Norwich City.

MIRROR | METRO


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT