Lima Fakta Menarik Pekan Pertama Liga Inggris
TEMPO.CO | 12/08/2019 04:39
Lima Fakta Menarik Pekan Pertama Liga Inggris
Lima Fakta Menarik Pekan Pertama Liga Inggris

TEMPO.CO, Jakarta - Pekan pertama Liga Inggris musim 2019/2020 sudah bergulir. Sejumlah tim besar meraih kemenangan dan banyak gol tercipta.

Hasil pertandingan pekan pertama, tujuh tim teratas di papan klasemen yang berhasil merebut kemenangan ialah Manchester City, Manchester United, Liverpool, Brighton and Hove Albion. Lalu Burnley, Tottenham Hotspur, dan Arsenal. Sedangkan tiga klub yang masuk zona degradasi adalah Watford, Chelsea, dan West Ham United.

Berikut ini lima fakta menarik pekan pertama Liga Inggris musim 2019/2020

1. Manchester City dan Liverpool bersaing ketat

Liverpool yang membuka kompetisi Liga Inggris berhasil meraih kemenangan dari Norwich City 4-1. Namun Manchester Citiy sukses merebut peringkat pertama klasemen setelah menang telak dari West Ham 5-0. Di tengah persaingan kedua tim, Manchester United ikut meramaikan papan atas klasemen setelah menang dari Chelsea dengan skor 4-0.

2. Penggunaan perdana VAR

Musim ini Liga Inggris resmi menggunakan video assistant referee (VAR). Di pekan pertama penggunaan VAR sudah menuai kontroversi. Beberapa manajer dan pemain meragukan kemampuan VAR dalam menciptakan keputusan yang benar.

Kapten Wolves Conor Coady mengkritik VAR setelah gol Leander Dendoncker dianulir karena sundulannya dinilai menyentuh lebih dulu tangan rekan satu timnya Willy Boly sebelum menjadi gol. "Pemain harus siap bermain dengan kedua tangan dipotong," kata Coady.

3. Hattrick pertama setelah delapan musim

Raheem Sterling menjadi pemain kedelapan di Liga Inggris yang berhasil mencetak tiga gol di laga perdana. Ia membawa Manchester City menang telak atas West Ham 5-0. Terakhir kali, hattrick dibuat oleh penyerang Chelsea, Didier Drogba, pada musim 2010/2011 saat The Blues menang 6-0 dari West Bromwich Albion.

4. Kemenangan telak Manchester United

Kemenangan telak 4-0, Manchester united atas Chelsea merupakan yang terbesar. Terakhir kali Setan Merah unggul empat gol tanpa balas dari Chelsea saat era Matt Busby pada Maret 1965.

5. Sembilan kali kemenangan Manchester City

Manchester City telah memenangkan sembilan pertandingan pembukaan terakhir mereka di Liga Premier. Sejauh ini belum ada tim yang memenangkan lebih banyak pertandingan di pekan pertama di Liga Inggris. Tim asuhan Pep Guardiola pekan ini berada di peringkat pertama klasemen.

ANTARA | PREMIER LEAGUE


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT