Liga 1: Imbangi Borneo FC 2-2, Ini Kata Pelatih PSS Sleman
TEMPO.CO | 04/08/2019 20:41
Pemain PS Sleman Haris Tuharea. ANTARA/Andreas Fitri Atmoko
Pemain PS Sleman Haris Tuharea. ANTARA/Andreas Fitri Atmoko

TEMPO.CO, Yogyakarta - PSS Sleman berhasil mendapatkan satu poin pasca memaksa tuan rumah Borneo FC bermain dengan hasil imbang 2-2 pada laga ke-12 Liga 1 2019, di Stadion Segiri, Samarinda, Minggu 4 Agustus 2019.

Gol PSS Sleman dicetak Brian Ferreira (45'+2) dan Dave Mustaine (88'). Sedangkan gol Borneo FC tercipta oleh Nur Diansyah (71') dan Renan da Silva (80').

Atas hasil seri itu Laskar Sembada pun tetap bertengger di peringkat 6 klasemen sementara Liga 1 dengan raihan poin 17 dan Borneo persis mengekor satu peringkat di bawahnya dengan selisih satu poin.

"Babak pertama sebenarnya (permainan PSS) sangat menjemukan. Karena apa yang saya instruksikan berbeda sangat jauh dengan yang dimainkan," ujar pelatih PSS Seto Nurdiyantara dalam keterangan pers yang diterima Tempo.

Seto menyoroti pergerakan anak asuhnya yang sangat lamban di babak pertama hingga nyaris tak mencuri satu angka pun untuk mengubah kedudukan. Seto menilai kemungkinan lambannya anak asuhnya karena faktor kebugaran yang belum pulih benar pasca laga lawan Madura United di kandangnya 31 Juli 2019 lalu.

"Banyak pemain yang masih keluar jalur mungkin karena faktor kebugaran juga cuaca," ujar mantan juru racik PSIM Yogya.

Seto menuturkan sejak awal ia sebenarnya menginstruksikan pemain lebih mengatur tempo permainan. Artinya saat Borneo bermain lambat, maka PSS segarusnya bermain sebaliknya, berinisatif tampil dengan tempo cepat. Sayang hal itu tak terjadi.

"Tapi apapun itu, kami syukuri hasil seri ini, walaupun kami juga sempat mendapat peluang emas di menit menit akhir ternyata masih bukan rejeki kami," ujar Seto.

"Bukan hal mudah mendapatkan poin di kandang Borneo ini," Seto menambahkan.

Terlebih di menit akhir pilar belakang PSS, Asyraq Gufron, harus ditandu keluar lapangan karena mengalami sesak nafas.

"Gufron sebelumnya saat berlatih memang mengeluhkan sedikit pusing tapi dari medis menyatakan oke dan dia ngotot tetap main, ya semoga tidak ada apa apa," ujar Seto.

Panasnya pertarungan melawan Pesut Etam di kandang benar benar dirasakan Elang Jawa sejak unggul lebih dulu 0-1 lewat gol tak terduga Brian Fereira. Gelandang serang asal Argentina itu awalnya sukses mengeksekusi umpan matang Dave Mustaine di luar kotak penalti depan gawang Borneo FC pada menit 45+2.

Namun di babak kedua anak asuh Mario Gomez terus mengurung pergerakan Bagus Nirwanto cs. Permainan PSS tak banyak berkembang hingga Borneo sukses membalikkan keadan menjadi 2-1 dalam tempo tak terlalu lama lewat gol Nur Diansyah menit 71 dan Renan da Silva di menit 80. Baru di menit 88, PSS kembali bangkit lewat gol balasan Dave Mustaine yang membuat skor 2-2.

Kapten PSS Bagus Nirwanto mengakui pada laga lawan Borneo ini ia mengakui permainan yang dilakukan di luar kebiasaan sehingga hanya mendapatkan hasil seri.

"Kami kurang (bermain) cepat. Bisa jadi karena terbawa permainan Borneo atau mungkin faktor kelelahan," ujarnya.

Pasca melawan Borneo, PSS Sleman hanya memiliki sedikit waktu rehat karena harus segera melanjutkan terbang ke Lampung untuk menantang tuan rumah Perseru Badak Lampung di Stadion Sumpah Pemuda Lampung pada 9 Agustus 2019 mendatang.

PRIBADI WICAKSONO


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT