Undian Kualifikasi Piala Dunia 2022, Timnas Indonesia Berat
TEMPO.CO | 18/07/2019 13:43
Penyerang Indonesia, Alberto Goncalves mengecoh bek Vanuatu sebelum mencetak gol dalam pertandingan persahabatan Internasional di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu, 15 Jumat 2019. Beto Goncalves mencetak quattrick ke gawang Vanuatu.
Penyerang Indonesia, Alberto Goncalves mengecoh bek Vanuatu sebelum mencetak gol dalam pertandingan persahabatan Internasional di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu, 15 Jumat 2019. Beto Goncalves mencetak quattrick ke gawang Vanuatu. TEMPO / Hilman Fathurrahman W

TEMPO.CO, Jakarta - Pengundian Kualifikasi Piala Dunia 2022 putaran kedua untuk wilayah Asia digelar di Kuala Lumpur, Malaysia, pada Rabu kemarin 17 Juli 2019. Langkah Timnas Indonesia dipastikan berat setelah bergabung di Grup G.

Indonesia yang masuk dalam pot kelima, terakhir, akan menghadapi tim-tim kuat seperti Uni Emirat Arab, Vietnam, Thailand dan Malaysia. Meskipun ketiga tim terakhir adalah sesama tim Asia Tenggara, mereka terbukti kerap menjadi penjegal skuad Garuda di berbagai ajang.

Berikut hasil undian kualifikasi putaran kedua Piala Dunia 2022:


Kualifikasi putaran kedua ini diikuti oleh 40 negara yang terbagi dalam delapan grup. Nantinya, hanya juara grup dan empat runner-up terbaik yang berhak melaju ke kualifikasi putaran ketiga. Artinya, hanya ada jatah 12 grup yang akan melaju ke babak berikutnya.

Qatar yang menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022 juga ikut dalam kualifikasi kali ini meskipun sudah otomatis lolos. Nantinya, jika Qatar menjadi juara grup, maka jatah satu tempat di babak ketiga akan diberikan kepada runner-up kelima terbaik.

Asia sendiri mendapatkan lima tiket untuk pergelaran Piala Dunia 2022 yang akan diadakan di Qatar. Empat tiket otomatis akan diberikan kepada dua tim teratas dari tiap grup pada putaran ketiga sementara satu tim peringkat ketiga terbaik harus melakoni laga play-off.

Kualifikasi Piala Dunia 2022 ini juga akan dijadikan kualifikasi ajang Piala Asia 2023 yang akan diadakan di Cina. Dua belas tim yang lolos ke kualifikasi putaran ketiga Piala Dunia 2022 juga secara otomatis lolos ke putaran final Piala Asia 2023. Sebanyak 12 tiket lainnya akan diperebutkan oleh 24 tim terbaik selanjutnya dari kualifikasi babak kedua.

Timnas Indonesia sendiri baru akan melakoni laga kualifikasi Piala Dunia 2019 pada September mendatang. Skuad asuhan Simon McMenemy akan ditantang Malaysia.

AFC


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT