Start Buruk Persib Bandung di Era Liga 1
TEMPO.CO | 01/07/2019 16:25
Start Buruk Persib Bandung di Era Liga 1
Pesepak bola Bhayangkara FC Herman Dzumafo (kiri) melakukan selebrasi usai pertandingan lanjutan Liga 1 melawan Persib Bandung di Stadion Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Ahad, 30 Juni 2019. Persib Bandung kalah atas tamunya Bhayangkara FC dengan skor 1-2. ANTARA/Raisan Al Farisi

TEMPO.CO, JakartaPersib Bandung mencatatkan start terburuk di era Liga 1. Namun, statistik dua musim sebelumnya juga bisa memberi optimisme.

Persib baru saja dikalahkan Bhayangkara FC 1-2 dalam laga kandang pekan keenam, Ahad, 30 Juni 2019. Gol tunggal Persib dicetak Ezechiel N'Douassel, sementara dua gol tim lawan dibukukan Jajang Mulyana dan Herman Dzumafo.

Baca: Liga 1 Hari Ini: Prediksi Persebaya Surabaya Vs Persela Lamongan

Bhayangkara FC sekaligus memberikan kekalahan pertama kepada pasukan Robert Rene Alberts di Shopee Liga 1 2019. Hasil itu pun membuat Persib harus puas di posisi kesembilan klasemen dengan koleksi enam poin.

Bila dibandingkan, hasil dalam lima laga itu jadi yang terburuk di era Liga 1 yang dimulai 2017. Mereka hanya sekali meraih kemenangan, tiga kali imbang, dan satu kali kalah.

Catatan itu lebih buruk dari dua musim sebelumnya. Pada Liga 1 2017, Persib memainkan lima laga awal kontra Arema FC, PS TNI, Sriwijaya FC, Gresik United, dan Persipura Jayapura. Dalam lima laga tersebut, Persib Bandung sukses menuai 11 poin hasil dua imbang (Arema FC dan PS TNI) serta tiga kali kemenangan.

Baca: 4 Pelatih Senior Terdepak di Liga 1 2019, Naik-Turun Jacksen (3)

Pada Liga 1 2018, lima laga awal Persib bisa menghasilkan total delapan poin. Persib Bandung kala itu mampu mencatatkan start dengan rincian dua kali kemenangan, dua kali imbang, dan sekali kalah.

Apakah start buruk itu bisa jadi pertanda buruk? Belum tentu juga. Pada Liga 1 2018, saat start yang lebih jelek dibanding musim sebelumnya, mereka mampu finis di posisi keempat klasemen. Padahal pada 2017, mereka mengakhiri musim dengan menempati urutan ke-13.

Baca: Jadwal Liga 2 Senin Ini dan Klasemen: Ada PSIM Vs Persik

Jadi, dengan perbaikan yang tepat, bukan mustahil tren buruk Persib akan bisa dibalikkan. Mereka selanjutnya akan berlaga di kandang Persebaya Surabaya, pada 5 Juli 2019.

INDOSPORT


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT