Hasil Uji Coba Internasional: Yordania Vs Timnas Indonesia 4-1
TEMPO.CO | 11/06/2019 22:04
Timnas Indonesia. TEMPO/Subekti
Timnas Indonesia. TEMPO/Subekti

TEMPO.CO, JakartaTimnas Indonesia menelan kekalahan telak 1-4 dari tuan rumah Yordania dalam laga persahabatan di Stadion Amman Internasional, Selasa malam, 11 Juni 2019.

Skuat Garuda tampil dengan mengusung misi kemenangan sekaligus memperbaiki peringkat FIFA.  Namun Yodania tampil begitu superior dan Timnas Indonesia terlalu banyak melakukan kesalahan di lini belakang.

Tak hanya ada masalah di lini pertahanan, Timnas Indonesia juga terlihat sangat sulit untuk membangun serangan.

Gol Yordania dicetak Faisal Baha, Ahmad Hamdouni, Yusuf Al-Rawashdeh, dan Hamza Al Dardour. Sedangkan gol tunggal Indonesia diceploskan Beto Gonzalves dari titik penalti.

Jalannya pertandingan:

Pada awal-awal laga babak pertama, Yordania mendominasi dan lebih sering masuk ke lapangan permainan Timnas. Namun rapatnya lini pertahanan Garuda membuat gempuran Yordania tak berbuah gol.

Timnas mulai memanas, menit 11 sebuah peluang didapat lewat pergerakan Riko Simanmjuntak di sebelah kanan. Umpannya ke kotak penalti berhasil diterima Dedik Setiawan namun sayang tembakan pemain Arema FC ini masih melambung tinggi dari gawang Yordania.

Empat menit berselang Yordania memberikan respons, akselerasi dari sisi kanan Timnas berhasil masuk hingga kotak 16, beruntung bola hanya menghasilkan sepakan penjuru.

Andritany melakukan save gemilang pada menit ke-19, kiper Persija Jakarta tersebut menepis sepakan keras dari luar kotak penalti yang dilepaskan Baha'a Abdulrahman.

Terus menekan Yordania akhirnya mampu mencetak gol lebih dulu. Sebuah umpan lambung ke kotak penalti berhasil diterima Baha' Faisal. Dengan sekali kontrol bola sepakannya langsung masuk ke gawang Andritany.

Yordania hampir menggandakan keunggulan. Sebuah kesalahan dilakukan lini pertahanan Timnas Indonesia. Achmad Jufriyanto yang mendapat umpan pendek dari kiper mencoba melewati pemain Yordania, namun bola masih tertahan di kaki pemain lawan.

Beruntung kesalahan tersebut tak jadi berbuah gol, namun Timnas masih tertinggal satu gol dari tuan rumah. Timnas Indonesia mencoba menekan, menit 24 sebuah penetrasi dari Ramdani Lestaluhu di sisi sayap masih mampu ditutup oleh pemain Yordania.

Sempat mengimbangi permainan, namun Timnas Indonesia harus kembali tertenduk saat Ahmed Hamdouni mencetak gol kedua bagi Yordania. Berawal dari sebuah akselerasinya dari tengah lapangan hingga mampu memborbardir lini pertahanan Timnas, sepakan keras Ahmed Hamdouni pun menjebol gawang Andritany untuk kedua kalinya.

Kedua tim sama-sama menyerang jelang pertandingan berakhir, namun hingga wasit meniup peluit turun minum tak ada gol tambahan yang tercipta. Timnas Indonesia untuk sementara tertinggal 0-2 atas Yordania.

Mohammad Al Rawashdeh memanfaatkan umpan dari Ahmed Ersan Mohammad. Sebagai catatan, gol tercipta akibat adanya kesalahan yang dilakukan oleh Andritany Ardhiyasa.

Timnas Indonesia mencoba untuk keluar dari tekanan Yordania dengan sejumlah pola serangan yang mematikan, tapi itu semua sifatnya masih sporadis saja. Hingga akhirnya Yordania kembali menghukum Timnas Indonesia dengan sebuah gol indah dari Hamza Ali dengan sebuah tendangan melengkung.

Timnas Indonesia akhirnya berhasil memperkecil kedudukan di menit akhir melalui sepakan penalti Beto Goncalves. Namun sayang itu menjadi gol terakhir yang tercipta, Yordania menang telak atas Timnas Indonesia, 4-1.

Susunan pemain :

Yordania: Amer Shafi; I.Hadad, Y.Arab, T.Khattab, F.Shelbayeh; B.A.Alrahman, K.B.Ateyah; Ahmed Ersan, Ahmed Samer, M.Altamari; Bahha Faisal.

Timnas Indonesia: Andritany; Yanto Basna, Achmad Jufriyanto, Hansamu Yama, Ruben Sanadi; Rizky Pellu, Evan Dimas, Rizky Pora, Riko Simanjuntak; Ramdani Lestaluhu, Dedik Setiawan.

INDOSPORT


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT