Menjamu Persela Lamongan, Manajer Arema FC: Puasa Bukan Alasan
TEMPO.CO | 26/05/2019 12:54
Pemain Arema FC Johan Ahmad (kanan) berebut bola dengan pemain PS Sleman Arsyad Yusgiantoro pada pertandingan Liga 1 2019 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, DI Yogyakarta, Rabu (15/5/2019). Dalam laga perdana Liga 1 itu, PSS Sleman menang dengan skor 3-1. AN
Pemain Arema FC Johan Ahmad (kanan) berebut bola dengan pemain PS Sleman Arsyad Yusgiantoro pada pertandingan Liga 1 2019 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, DI Yogyakarta, Rabu (15/5/2019). Dalam laga perdana Liga 1 itu, PSS Sleman menang dengan skor 3-1. ANTARA/Andreas Fitri Atmoko

TEMPO.CO, Jakarta - Manajer Arema FC, Ruddy Widodo, tidak sepakat jika ada yang menyebut puasa sebagai alasan menurunnya performa tim. Menurut Ruddy, harusnya puasa justru membuat tim memiliki motivasi lebih besar.

Arema FC mengawali laga di Shopee Liga 1 2019 dengan hasil buruk. Singo Edan kalah dua laga beruntun. Masing-masing dengan skor 1-3 dari PSS Sleman dan 0-2 atas Borneo FC. Dua laga dimainkan di kandang lawan.

"Puasa tidak puasa harus tetap sama. Itu tidak boleh jadi alasan. Jangan mentang-mentang bulan puasa fisiknya boleh menurun, tidak begitu. Asupan gizi juga sama dan harusnya justru spirit lebih besar," ucap Ruddy Widodo.

Ruddy menyebut masalah Arema FC bukan karena puasa yang dijalankan oleh mayoritas pemain. Namun, dia menyebut ada yang tidak berjalan sesuai dengan skema di tim. Hal tersebut adalah karakter bermain.

Pria asal Madiun tersebut mengakui jika ada perbedaan karakter antara Arema FC yang sukses menjuarai Piala Presiden 2019 dengan Arema FC di Liga 1. Ruddy berharap kondisi ini segera ditemukan solusinya oleh pemain dan pelatih.

"Meskipun yang datang itu Manchester United atau siapa pun yang datang ke Stadion  Kanjuruhan, bukan kita yang harus menyesuaikan. Kita harus tetap bermain dengan cara Arema, bermain khas Arema," tegas Ruddy.

Dengan demikian, Aji Santoso, mantan bintang Arema yang kini melatih Persela Lamongan, diperkirakan akan mendapat ujian berat saat bermain di markas Arema FC, Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, pada pekan ketiga kompetisi Shopee Liga 1 2019, Senin malam, 27 Mei.

Karena sudah dua kali kalah beruntun, Arema FC diperkirakan akan bermain lebih ngotot dalam usahanya mengalahkan tamunya, Persela Lamongan, yang akhirnya bisa meraih satu poin dengan bermain seri melawan Persipura Jayapura pada pekan kedua. Pada laga perdana, Persela digilas Madura United 5-1.

Aji Santoso yang rumahnya di Malang tentu sudah sangat paham bagaimana karakter permainan keras tuan rumah berjuluk Singo Edan ini jika bermain di kandang. Aji sudah memimpin Persela Lamongan untuk tiba di Malang Sabtu lalu dengan membawa 18 pemain terbaiknya.

LIGA INDONESIA | PERSELAFOOTBALL.COM


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT