Liverpool Gagal Juara Liga Inggris Lagi, Ini Kata Klopp
TEMPO.CO | 13/05/2019 02:30
Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp. REUTERS/Albert Gea
Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp. REUTERS/Albert Gea

TEMPO.CO, Jakarta - Manajer Liverpool, Jurgen Klopp, tak terlalu kecewa meskipun gagal meraih gelar juara Liga Inggris musim ini. Menurut dia, Liverpool sudah berbuat yang terbaik namun mereka belum cukup beruntung merebut gelar tersebut.

Klopp menyatakan bahwa hasil musim ini adalah yang terbaik yang bisa dicapai Liverpool saat ini. Dia pun menyatakan bahwa mereka masih bisa memperbaiki capaian musim ini dengan memenangkan Liga Champions dalam final tiga pekan mendatang.

"Orang mungkin berkata kami seharusnya bisa melakukan ini atau itu, tetapi saya kira kami tak bisa melakukan yang lebih baik. Manchester City cukup beruntung dalam beberapa laga, kami juga beruntung di beberapa laga. Itu semua soal bagaimana tetap berada dalam perlombaan dan percaya dan itu yang kami lakukan," ujarnya usai Liverpool mengalahkan Wolverhampton Wanderers 2-0 pada laga terakhir Liga Inggris musim ini Ahad malam kemarin.

"Ketika lawan anda Manchester City, itu sulit. Mereka tak bisa menyingkirkan kami dan kami tak bisa menyingkirkan mereka. Meraih posisi kedua di Liga Primer bukanlah yang saya inginkan, tetapi kami harus melihat ini sebagai langkah awal bagi tim ini. Kami memiliki tiga pekan untuk mempersiapkan laga final Liga Champion."

Liverpool gagal meraih gelar juara Liga Inggris setelah Manchester City pada laga lainnya menang 4-1 atas Brighton and Halves Albion. Mereka hanya tertinggal satu angka dari Manchester City yang mengumpulkan total 98 angka.

Klopp menyatakan bahwa perolehan 97 angka yang dibukukan anak asuhnya musim ini sangat luar biasa dibandingkan perolehan mereka musim lalu. Menurut dia, hal itu menunjukkan kemajuan besar dari anak asuhnya yang mayoritas diisi muka-muka yang sama seperti musim lalu.

"Saya tahu di Inggris orang berbicara banyak soal merekrut pemain, tetapi tim yang bermain hari ini juga bermain dalam beberapa pekan terakhir dan telah bersama sejak musim lalu, terlepas dari Alisson."

"Tentu saja kami merekrut pemain-pemain baru tetapi mayoritas pemain yang sama dan mereka membuat langkah yang gila. Kami mampu memperpendek jarak 25 angka dari musim lalu."

Dia pun menyatakan bangga terhadap Mohamed Salah cs karena mampu menyajikan sepak bola yang menghibur. Klopp pun yakin mereka akan terus berkembang musim depan.

"Tim ini dalam usia yang luar biasa dan kami akan mencoba lagi dan terus berkembang. Orang sangat menikmati permainan kami, itu yang sangat penting."

"Jika anda memainkan sepak bola buruk dan memenangkan sesuatu pada akhir musim, itu hanya bagus ketika di masa depan untuk melihat kembali dan mengatakan bahwa anda memenangkan sesuatu, tetapi tim ini luar biasa. Bagaimana kami berkembang dan selalu menggunakan langkah selanjutnya."

Klopp pun mengucapkan selamat kepada sukses Manchester City mempertahankan gelar juara Liga Inggris musim ini.

"Selamat kepada Manchester City. Mereka memainkan musim yang sangat bagus. Dalam dua tahun terakhir mereka mengumpulkan total 198 angka. Tak buruk, saya menghormati itu dan selamat."

Kegagalan tersebut membuat Liverpool kembali harus puasa gelar juara Liga Inggris. Mereka terakhir kali menjadi juara pada musim 1989-1990.

SKY SPORTS


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT