Kenapa KLB PSSI Tak Pilih Ketua Umum Baru?
TEMPO.CO | 04/05/2019 09:26
Logo PSSI. (pssi.org)
Logo PSSI. (pssi.org)

TEMPO.CO, Sawangan - Federasi sepak bola Indonesia (PSSI) memutuskan pemilihan ketua umum baru dilakukan pada Kongres Biasa tahun depan. Hal itu diputuskan dalam rapat Komite Eksekutif (Exco) yang digelar Kamis, 2 Mei 2019.

Anggota Exco Papat Yunisal menuturkan pengurus PSSI periode 2016-2020 ingin menyelesaikan program kerja yang sudah dicanangkan. Oleh sebab itu, proses pemilihan ketua baru dilakukan di Kongres Biasa pada Januari 2020. "Untuk yang (pengurus ) baru akan ada saatnya nanti," kata Papat usai menutup turnamen Piala Pertiwi di Depok, Jawa Barat, Jumat, 3 Mei 2019.

Saat ini, lanjutnya, hingga kongres tahun depan PSSI sudah menunjuk Iwan Budianto sebagai pelaksana tugas ketua umum PSSI. "Dia kan wakil ketua PSSI juga," kata Papat.

PSSI sudah menetapkan Kongres Luar Biasa (KLB) pada 13 Juli 2019. KLB akan membahas tiga agenda, yakni revisi statuta PSSI, revisi kode pemilihan PSSI, dan memilih anggota baru untuk komite pemilihan serta komite banding pemilihan.

Sementara pemilihan ketua umum dilakukan pada Kongres Biasa yang dijadwalkan Januari 2020. Kongres Biasa nantinya bakal memilih 15 anggota Komite Eksekutif PSSI yang terdiri dari ketua umum dan dua wakil ketua umum. Sementara sisanya menjadi anggota Exco.

ADITYA BUDIMAN


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT