Timnas-Belanda Vs Jerman Malam Nanti, Ujian Kebangkitan Oranye.
TEMPO.CO | 24/03/2019 05:48
Pemain timnas Belanda, Memphis Depay berselebrasi setelah menjebol gawang Prancis dalam laga penyisihan grup A UEFA Nations League di De Kuip, Belanda, Sabtu, 17 November 2018. REUTERS/Toussaint Kluiters
Pemain timnas Belanda, Memphis Depay berselebrasi setelah menjebol gawang Prancis dalam laga penyisihan grup A UEFA Nations League di De Kuip, Belanda, Sabtu, 17 November 2018. REUTERS/Toussaint Kluiters

TEMPO.CO, Jakarta - Tuan rumah Timnas-Belanda akan berusaha mempertahankan bentuk permainan terbaiknya melawan Jerman di Johan Cruyff ArenA, Amsterdam, dinihari nanti, Senin 26 Maret 2019, dalam pertandingan lanjutan babak kualifikasi Euro 2020 Grup C.

Pada Kamis lalu, Belanda memenangi pertandingan perdananya dalam babak kualifikasi kejuaraan tim nasional antarnegara di Eropa ini melawan Belarusia, dengan skor 4-0.

Pelatih Belanda, Ronald Koeman, yang juga mantan pemain gelandang andalan Barcelona, bertekad untuk membawa tim dari negaranya berjuluk Oranye ini tampil lagi dalam putaran final Euro. Pelatih Belanda sebelumnya, Dick Advocaat, gagal meloloskan timnya ke putaran final Euro di Prancis 2016.

Tekad Ronald Koeman tersebut didukung sukses mereka mencapai babak semifinal Liga Nasional Eropa. Sedangkan  Jerman tersingkir pada babak penyisihan grup putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia dan kemudian mengalami degradasi dari fase grup utama Liga Nasional Eropa.

Pelatih Joachim Low yang membawa Jerman menjuarai Piala Dunia 2014 dalam posisi aman setelah mereka tampil buruk di Rusia tahun lalu. Pada Mei tahun lalu, ia menandatangani perpanjangan kontrak sampai 2022. Tapi, ia tahu posisinya bisa berubah secara drastis jika mengalami kekalahan di Johan Cruyff ArenA dinihari nanti.  

Mengawali penampilan dalam Euro 2020 dengan sebuah kemenangan akan menjadi cara yang bagus buat Joachim Low agar Federasi Sepak Bola Jerman masih yakin dengan kinerjanya.

Sejak mengumumkan skuadnya, Ronald Koeman belum pernah kehilangan para pemain utamanya karena cedera. Tapi, Kenny Tete, bek kanan klub Olympique Lyonnais, mengalami cedera hamstring, jaringan otot di belakang paha, saat melawan Belarusia, sehingga diragukan bisa tampil pada dinihari nanti. 

Gelandang Atalanta, Marten de Roon, juga diganti setelah jeda babak pertama, tapi hal itu karena alasan taktik dari pelatih Koeman.

Sedangkan pelatih Jerman, Joachim Low, merombak sebagian besar pemainnya setelah mereka gagal pada Piala Dunia 2018 di Rusia. Trio pemain Bayern Munich, Thomas Muller, Jerome Boateng, dan Mats Hummels kini sudah dicoret.

Pemain Hertha Berlin, Niklas Stark, dan Maximilian Eggestein dari Werder Bremn akan berharap bisa melakukan debutnya di tim nasional Jerman dalam kompetisi. Namun,  Lukas Klostermann mundur dari skuad setelah mengalami cedera otot di pinggang dalam pertandingan persahabatan melawan Serbia yang berakhir seri 1-1.

Leroy Sane, penyerang andalan Jerman saat ini dari klub Manchester City, juga ditarik keluar dalam pertandingan melawan Serbia karena mendapat tackle yang keras dari Milan Pavkov. Tapi,  Low menegaskan Sane tidak mengalami cedera.

Prediksi Susunan Pemain

Belanda: Cillessen; Dumfries, De Ligt, Van Dijk, Blind; De Roon, De Jong; Promes, Wijnaldum, Babel; Depay.

Jerman: Neuer; Kehrer, Rudiger, Sule, Halstenberg; Kroos, Goretzka, Gundogan; Gnarby, Werner, Sane.

90 MENIT | ESPN SOCCERNET

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT