Persija Jakarta Masuk Daftar 100 Klub Terbaik Asia
TEMPO.CO | 20/03/2019 13:15
Persija Jakarta Masuk Daftar 100 Klub Terbaik Asia
Pemain Persija Jakarta, Riko Simanjuntak. ANTARA

TEMPO.CO, JakartaPersija Jakarta menjadi satu-satunya klub Indonesia yang masuk ke dalam daftar 100 klub terbaik Asia. Meskipun demikian, klub kebanggan masyarakat ibu kota tersebut harus turun dari peringkatnya tahun lalu.

Dalam daftar peringkat klub yang dirilis pada 13 Maret lalu Persija Jakarta menduduki posisi ke-83 dengan nilai total 12,87.

Berdasarkan peringkat tersebut, Bali United menjadi tim terbaik kedua dari Indonesia dengan menduduki posisi ke-105. PSM Makassar yang sukses menjadi runner-up Liga 1 musim lalu menjadi klub terbaik ketiga dengan menduduki posisi ke-140.

Untuk kawasan Asia Tenggara, peringkat klub Indonesia masih tertinggal cukup jauh. Klub asal Indonesia tertinggal dari klub Malaysia Johor Darul Ta'zim, yang berada di peringkat ke-28, klub Thailand Buriram United yang berada di peringkat ke-31 ataupun klub asal Filipina Ceres Negros yang berada di peringkat ke-32.

Klub asal Cina, Shanghai SIPG menduduki posisi pertama dengan nilai total 99,67. Sementara juara Liga Champions Asia tahun lalu, Kashima Antlers, asal Jepang berada di posisi keenam.

Keberhasilan Persija Jakarta masuk ke jajaran 100 besar klub Asia tersebut tak lepas dari keberhasilan mereka meraih gelar juara Liga 1 Indonesia musim lalu. Selain itu Persija tampil cukup apik pada kualifikasi Liga Champions Asia musim ini.

Mereka mampu menyingkirkan klub asal Singapura, Home United, pada putaran pertama kualifikasi. Sayangnya langkah anak asuh Ivan Kolev terhenti oleh klub asal Australia, Newcastle Jets.

Perjuangan Persija Jakarta di ajang Piala AFC 2019 juga sangat baik. Mereka kini berada di posisi kedua Grup G setelah bermain imbang kontra Becamex Binh Duong dan menumpas Shan United.

AFC| FOX SPORT ASIA


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT