Prediksi AS Roma vs Real Madrid di Liga Champions Malam Nanti
TEMPO.CO | 27/11/2018 08:20
Gelandang Real Madrid, Gareth Bale, melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang AS Roma dalam pertandingan Grup G Liga Champions di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, 20 September 2018. AP
Gelandang Real Madrid, Gareth Bale, melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang AS Roma dalam pertandingan Grup G Liga Champions di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, 20 September 2018. AP

TEMPO.CO, Jakarta - AS Roma akan menjamu Real Madrid di Stadion Olimpico pada laga pekan kelima babak penyisihan Grup G Liga Champions Rabu dini hari nanti. Kedua tim sama-sama berpeluang lolos ke babak 16 besar.

Kedua tim kini sama-sama mengantongi sembilan angka dari empat laga. Real Madrid berada di puncak klasemen karena memiliki selisih gol yang lebih baik dari AS Roma.

Baik AS Roma maupun Real Madrid sama-sama hanya membutuhkan hasil imbang untuk lolos ke babak 16 besar. Pasalnya, CSKA Moskow yang masih berpeluang untuk lolos saat ini hanya mengantongi 4 angka. Artinya, mereka maksimal hanya akan dapat mengantongi 10 angka dengan dua laga tersisa.

Namun kedua tim dipastikan akan sama-sama mengincar kemenangan untuk menempati puncak klasemen. Apalagi tuan rumah memiliki misi balas dendam setelah pada pertemuan pertama tumbang 0-3 di kandang Real Madrid.

Selain itu, AS Roma dan Real Madrid sama-sama membutuhkan kemenangan untuk mengangkat moral tim mereka pasca menelan kekalahan di laga domestik akhir pekan kemarin. AS Roma dikalahkan tuan rumah Udinese 0-1 sementara Real Madrid tumbang dari Eibar 0-3.

Melihat jejak lima pertemuan terakhir kedua tim, Real Madrid patut diunggulkan. Skuad Los Galacticos hanya sekali kalah dari AS Roma dan meraih empat kemenangan. Apalagi dalam lima laga terakhir itu, skuad Real Madrid bisa dibilang tak banyak berubah. Artinya, punggawa Real Madrid sudah hapal betul dengan karakter permainan skuad Serigala Roma.

Namun, tim tamu bukannya tanpa masalah. Kekalahan dari Eibar akhir pekan kemarin menunjukkan bahwa Real Madrid belum sepenuhnya bangkit pasca ditangani oleh Santiago Solari.

Real Madrid memang sempat meraih empat kemenangan beruntun di tangan Solari, namun mereka tampak kelelahan pada laga melawan Eibar setelah nyaris seluruh punggawa utamanya tampil membela negara masing-masing pada jeda internasional lalu.

Anehnya, Solari tak melakukan rotasi besar-besaran pada laga melawan Eibar. Kini, skuad yang sama kemungkinan akan diturunkan pada laga melawan AS Roma. Bayang-bayang kelelahan pun masih menaungi Luka Modric cs.

Faktor kelelahan itu sangat terlihat dari statistik laga melawan Eibar. Meskipun mendominasi penguasaan bola hingga 61 persen, Real Madrid tercatat hanya melesakkan tiga tembakan ke arah gawang. Lain hanya dengan Eibar yang mampu melakukan delapan tembakan ke arah gawang meskipun hanya menguasai 39 persen bola.

Tak hanya di lini depan. Absennya Casemiro sebagai gelandang bertahan juga terbukti membuat lini belakang Real Madrid rapuh. Casemiro mengalami cedera saat membela Brasil di ajang uji coba pekan lalu dan diperkirakan masih akan absen pada laga melawan AS Roma.

Casemiro merupakan pemain penting yang menjadi benteng pertama ketika Real Madrid diserang oleh lawan. Apesnya, pemain pengganti Dani Ceballos belum menunjukkan permainan yang sama apiknya dengan Casemiro.

Sementara AS Roma bisa menurunkan skuad terbaiknya pada laga dini hari nanti. Real Madrid harus mewaspadai Edin Dzeko yang saat telah mengamas lima gol dan berada di posisi kedua daftar pemain tersubur Liga Champions bersama Lionel Messi.

Dzeko dipastikan memiliki motivasi berlebih untuk membuktikan dirinya belum habis. Pasalnya, dia tak mencetak satu gol pun dalam tujuh laga terakhir AS Roma di semua kompetisi.

Laga ini juga sangat penting bagi Pelatih Eusebio Di Francesco. Dia disebut bakal dipecat jika gagal membawa AS Roma ke babak 16 besar. Hal itu tak lepas dari performa mereka yang buruk di kompetisi domestik.

Meskipun demikian, AS Roma tak bisa diremehkan. Bermain di kandang bisa menjadi faktor yang sangat menentukan pada laga kali ini. Pasukan serigala biasanya memiliki motivasi berlipat untuk mencabik-cabik lawannya jika bermain di kandang.

Lihat saja bagaimana mereka berhasil menekuk Barcelona 3-0 dan Liverpool 4-2 musim lalu. Musim ini, di Liga Champions, mereka juga memiliki catatan yang sangat baik. Dua kemenangan dengan menciptakan delapan gol dan tak kebobolan sekali pun menjadi modal untuk menjamu Real Madrid.

Dengan kondisi seperti itu, sangat mungkin AS Roma mempermalukan Real Madrid pada laga Rabu dini hari nanti. Namun, pertandingan dipastikan akan berjalan ketat sehingga skor kemungkinan tak akan terpaut jauh.

Laga Liga Champions antara AS Roma vs Real Madrid akan berlangsung pada Rabu dini hari pukul 03.00 WIB dan disiarkan secara langsung oleh RCTI.

UEFA| AS| MARCA


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT