Agar Belanja Bahan Makanan Anda Tidak Cepat Rusak di Dalam Mobil (2)
TABLOIDBINTANG.COM | 08/09/2018 04:00
Agar Belanja Bahan Makanan Anda Tidak Cepat Rusak di Dalam Mobil (2)
Agar Belanja Bahan Makanan Anda Tidak Cepat Rusak di Dalam Mobil (Depositphotos)

Musim kemarau tahun ini terasa sangat panjang. Akibatnya, udara terasa lebih panas. Hawa panas membuat bahan makanan cepat rusak.

Apalagi kadang ibu-ibu terlalu lama menaruh bahan makanan yang mereka beli di dalam mobil, entah karena setelah belanja masih ada urusan lain atau macet dalam perjalanan pulang. Perlu diingat, daging dan ikan segar merupakan bahan makanan yang paling rentan rusak jika terkena panas. 

“Temperatur yang meningkat membuat bakteri berkembang biak lebih cepat terutama bakteri yang menyebabkan racun pada makanan,” ungkap James E. Rogers, Ph.D., Direktur Pemeriksaan Keamanan Makanan di Consumer Reports, organisasi nirlaba yang menguji bahan makanan serta melakukan riset terkait kesehatan konsumen di AS. 

Itu sebabnya, memperhatikan cara membungkus dan meletakkan belanjaan terutama bahan makanan segar sangat penting. Tujuannya, agar daging tidak cepat busuk dan sayuran tidak mudah layu. 

Minta es batu

Daging sapi, ikan, dan ayam biasanya tidak bisa berada di luar lemari es lebih dari dua jam. Jangka waktu ini bisa lebih pendek jika ia diletakkan di tempat bersuhu panas seperti bagasi mobil apalagi, jika terparkir di bawah cuaca panas. Ketika membeli daging dan ikan segar, jangan lupa meminta es batu untuk memperlama masa kesegaran daging serta ikan selama di perjalanan. Ingat, jangan samakan es batu dengan lemari es. Anda tetap tidak boleh berlama-lama meletakkannya di dalam mobil karena es akan mencair.

Bungkus dengan benar

Pastikan Anda membungkus makanan sesuai kategori. Jangan pernah mencampur daging, ayam, ikan, dan bahan makanan beku dengan sayur, buah, atau bahan makanan mentah lainnya untuk mencegah terjadinya kontaminasi silang. Daging-dagingan sangat rentan menyebarkan bakteri. 

bersambung

(riz / gur)


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT