Livi Zheng Lakukan Mediasi 6 Jam dengan 3 Media: Tirto.id, Asumsi.co, Geotimes.co.id
TABLOIDBINTANG.COM | 10/09/2019 13:07
Livi Zheng Lakukan Mediasi 6 Jam dengan  3 Media: Tirto.id, Asumsi.co, Geotimes.co.id

TABLOIDBINTANG.COM - Sineas Livi Zheng mengadu ke Dewan Pers terkait pemberitaan tiga media online yang dianggapnya tidak sesuai fakta dan melakukan pembunuhan karakter. Ketiga media tersebut yakni Tirto.id, Asumsi.co, dan Geotimes.co.id.

Senin (9/9) siang, Livi Zheng dipertemukan dengan ketiga media yang diadukan untuk mediasi. Sekitar enam jam Livi Zheng berdiskusi dengan pihak-pihak terkait. Arif Zulkifli, Ketua Komisi Pengaduan dan Penegakan Etika Pers Dewan Pers, mengungkap hasil mediasi tersebut.

“Ingat bahwa mediasi dengan Dewan Pers hanya menyangkut konten. Faktor etik dari konten, itu yang kita periksa. Apakah berita itu cover both side, apakah berita itu ada cek dan ricek. Seterusnya. Jadi bukan hal-hal di luar itu, hal tentang Livi yang sekarang sedang menjadi kontroversi,” kata Arif Zulkifli kepada wartawan.

 
 

 

Livi Zheng. (dok.pribadi)
Livi Zheng. (dok.pribadi)

 

Dalam mediasi itu Livi Zheng mengutarakan keberatan atas lima artikel milik Tirto.id, enam milik Geotimes dan satu milik Asumsi.co.

"Penyelesaian di Dewan Pers adalah penyelesaian etik. Berupa hak jawab, permohonan maaf. Itu biasa sekali," kata Arif.

Dalam mediasi, pemberitaan milik portal berita Tirto dinilai oleh Dewan Pers tidak berimbang, mengandung opini dan terkesan menghakimi Livi. “Iya (artikel Tirto) itu jelas-jelas (berupa) berita. Ada kalimat yang dinilai oleh Dewan Pers sebagai opini yang menghakimi. Tidak ada konfirmasi yang cukup, begitu," ucap Arif.

 

Pada.jhmpa pers itu Livi Zheng, tidak mau menjelaska artikel yang merugikannya. Ia hanya menyebut pemberitaan di Tirto tidak berimbang. “Pemberitaan tidak cover both side, mulai dari nama-namanya. Tadi Dewan Pers sudah memediasi, nanti Tirto akan meminta maaf dan saya akan melakukan hak jawab. Banyak sekali yang keliru dan nanti akan dibuat dalam hak jawab," kata Livi Zheng(pri/ari)


BERITA TERKAIT