Merawat Alat Fitness Rumahan, Salah Satunya Rutin Mengelap Sisa Keringat
TABLOIDBINTANG.COM | 14/04/2019 10:00
Merawat Alat Fitness Rumahan, Salah Satunya Rutin Mengelap Sisa Keringat
Keringat yang bercucuran di atas alat fitness dan tidak segera dibersihkan lambat laun akan merusak (Depositphotos)

Demi mendukung gaya hidup sehat yang dijalani, banyak orang kini sampai melengkapi perabot rumah tangganya dengan peralatan fitness. Beberapa alat fitness yang bisa dibilang menjadi favorit untuk dimiliki di rumah, antara lain treadmill dan sepeda statis Alasannya tidak lain karena keampuhan kedua alat ini memberikan hasil yang maksimal untuk kebugaran sekaligus menjaga bentuk tubuh.

Namun penting menjadi catatan, kedua alat fitness ini dilengkapi tenaga listrik. Hal ini sekaligus pembeda dengan alat fitness kebanyakan. Sehingga ketika dimiliki di rumah, dibutuhkan perawatan khusus untuk menjaga kondisinya tetap prima dan berumur panjang. Ingat, kedua alat ini pun terbilang mahal dari segi harga, sehingga jangan sampai rusak dan sia - sia. 

Hadir dalam acara peluncuran Reebok ZJET 430 Series di Jakarta baru - baru ini, Anggia Isac Ardi Silalahi, Brand Manager SHAGA, membagikan 3 tips penting untuk merawat alat fitness rumahan Anda. 

Michelle Joan dan Anggia Isac Ardi Silalahi (PR SHAGA)

1. Jangan taruh alat fitness di luar rumah 

Melakukan latihan di luar rumah memang terasa menyenangkan, karena Anda bisa sekaligus menikmati udara segar dan bahkan pemandangan yang tak membosankan. Terlebih untuk alat fitness yang tenaga listriknya berupa baterai sehingga memungkinkan untuk Anda menggunakannya di taman atau pekarangan rumah. Akan tetapi, jangan membiarkan alat fitness terus menerus berada di luar rumah. Perubahan cuaca serta panas matahari bisa merusak alat fitness Anda.

2. Jangan lupa selalu bersihkan sisa keringat 

Latihan dengan menggunakan alat fitness, terutama jika latihan yang dilakukan cukup intens atau lebih dari satu jam, tentu membuat Anda berkeringat. Keringat yang berjatuhan mengenai alat fitness, jika tidak langsung dibersihkan dan dikeringkan dengan cara mengelapnya, lambat laun akan merusak alat, terlebih jika cucuran keringat masuk ke sela - sela alat fitness yang terhubung ke panel listrik. Selain itu, malas membersihkan alat fitness dari sisa keringat juga membuat alat fitness jamuran dan tidak menutup kemungkinan penuh dengan bakteri sumber penyakit. 

3. Jangan berlebihan penggunaannya 

Hanya karena alat fitness rumahan bisa digunakan sesuka hati, bukan berarti Anda bisa menggunakannya terus menerus tanpa berhenti. Anggia menegaskan, istirahatkan alat fitness minimal 15 atau 30 menit setelah satu sesi latihan selama satu atau dua jam sebelum kemudian digunakan lagi. Penggunaan alat fitness bertenaga listrik secara berlebihan tanpa jeda untuk mendinginkan, berisiko merusak alat. Anggia mengingatkan, kondisi alat fitness rumahan berbeda dengan alat fitness di gym yang ketahanannya memang dibuat berbeda sehingga bisa saja dipakai terus menerus tanpa berhenti. 

(wida / wida)


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT