Dua Seleb Hollywood Ini Terlibat dalam Skandal Suap Ujian Masuk Perguruan Tinggi
TABLOIDBINTANG.COM | 13/03/2019 23:59
Dua Seleb Hollywood Ini Terlibat dalam Skandal Suap Ujian Masuk Perguruan Tinggi
Felicity Huffman dan Lori Loughlin. (Variety)

Melihat anak masuk universitas ternama merupakan kebangga semua orang tua. Tapi apa jadinya kalau proses saringan perguruan tinggi yang diikuti tidak berlangsung jujur? Hal itulah yang tengah dirasakan anak-anak dari artis Felicity Huffman dan Lori Loughlin. Kedua artis tersebut termasuk di antara lebih dari empat lusin orang yang didakwa dalam skandal penerimaan mahasiswa perguruan tinggi nasional yang yang melibatkan banyak orang kaya. Konon membayar hingga 6,5 juta dolar atau setara Rp92,7 miliar untuk menempatkan anak-anak mereka ke universitas elite.

Menurut catatan pengadilan yang dirilis Selasa (12/3) lalu, penipuan tersebut diduga telah menempatkan siswa di perguruan tinggi terkemuka, termasuk Yale, Georgetown, Stanford, Universitas California Selatan, UCLA, dan Universitas Texas. Penipuan tersebut kabarnya dikoordinir oleh William Rick Singer asal California, yang membantu orang tua ingin mendapatkan kampus bergengsi untuk anak-anak mereka hingga rela melalui jalur suap. Semua tercatat dalam dokumen pengadilan yang dibuka di Boston. Para pejabat telah menyelidiki kasus yang diberi nama "Operation Varsity Blues” selama lebih dari setahun.

Singer yang dikenal sebagai seorang pendiri perusahaan konsultan pendidikan, mengaku bersalah di pengadilan federal Boston, Selasa sore waktu setempat.Ia menerima tuduhan telah melakukan konspirasi, pemerasan dan suap. Setidaknya 13 orang, termasuk suami Huffman dan Loughlin, William H.Macy dan Mossimo Giannulli, ditangkap Selasa pagi dan diperkirakan akan hadir di pengadilan untuk pertama kalinya beberapa hari mendatang.

Pihak berwenang mengatakan Singer telah membuat para pelatih menerima suap sebagai imbalan atas penerimaan mahasiswa sebagai atlet, terlepas dari kemampuan mereka.
Sebagian besar mahasiswa tidak tahu penerimaan mereka berdasarkan suap. Dalam beberapa kasus, orang tua para mahasiswa mengambil bagian dalam skema tersebut.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT