Cerita Gunawan Saat Kecil Disembunyikan Nenek agar Tak Ikut Salat Idul Fitri
TEMPO.CO | 14/05/2021 15:58
Hampir berusia 50 tahun, aktor Gunawan membagi rahasia awet mudanya. TEMPO/Chitra Paramaesti
Hampir berusia 50 tahun, aktor Gunawan membagi rahasia awet mudanya. TEMPO/Chitra Paramaesti

TEMPO.CO, Jakarta - Aktor Gunawan Sudrajat menceritakan kenangan tak terlupakan di masa kecilnya yang lucu mengenai Idul Fitri. Saat mudik ke kampung halaman di Tasikmalaya, Jawa Barat, ia justru disembunyikan neneknya saat yang lain bersiap pergi untuk salat Idul Fitri. 

"Saya diumpetin sama nenek saya. 'Kamu tuh enggak boleh shalat Id, kamu ngumpet saja'," kata Gunawan menirukan percakapannya dengan sang nenek, seperti dikutip dari ANTARA pada Jumat, 14 Mei 2021.

Si nenek beralasan melarang cucunya ikut salat Id lantaran meyakini anak yang belum disunat tak boleh ikut salat Id. Tak ingin membantah larangan neneknya, GUnawan bertanya di mana ia harus bersembunyi. Ia pun akhirnya bersembunyi di kolong tempat tidur dan tak keluar hingga orang-orang balik dari salat Id. "Momen itu yang enggak bisa saya lupakan," katanya.

Mantan suami Paramitha Rusady ini juga menuturkan kisah lain yang membuatnya terus terkenang, yakni saat mengikuti pesantren kilat di Cililin, Bandung. Selama sebulan belajar di pesantren itu, ia belajar agama, berdisiplin, dan bergotong royong. 

Satu yang tak terlupakan ayah dua anak ini, saat harus bangun pukul tiga dinihari untuk bertadarus sebelum sahur. Setelah makan, mereka bersiap salat subuh, kemudian mengaji hingga matahari terbit. "Baru kita bersiap untuk mandi, habis itu istirahat sebentar terus kita beres-beres. Menjelang salat zuhur kita ngaji lagi," ujarnya.

Tahun ini, Gunawan dan keluarganya melewatkan Ramadan dan Idul Fitri di Singapura. Ia mengaku ditawari proyek film layar lebar dan sinetron tapi belum memutuskan untuk menerima proyek tersebut lantaran masih berada di Singapura. "Insya Allah mungkin kalau sinetron bisa kita ambil setelah pulang dari Singapura," kata dia. 


REKOMENDASI BERITA