Syekh Ali Jaber sudah Dimakamkan di Pesantren Daarul Quran Milik Yusuf Mansur
TEMPO.CO | 14/01/2021 19:32
Pemakaman Syekh Ali Jaber. Foto/Video/Yusuf Mansur
Pemakaman Syekh Ali Jaber. Foto/Video/Yusuf Mansur

TEMPO.COss, Jakarta - Jenazah Syekh Ali Jaber sudah dikebumikan di kompleks pemakaman di dalam Pesantren Daarul Quran milik pendakwah Yusuf Mansur. Ia dimakamkan selepas salat Asar. Sebelum jenazah datang, Yusuf Mansur sudah mempersiapkan upacara pemakaman.

"Bismillah kita cek persiapan makam, semua standar prokes dan sudah dibantu Pak Kapolres, Pak Dandim, dan semua gugus Covid di seluruh jalan, diharapkan tidak usah datang ya," kata Yusuf Mansur saat mempersiapkan pemakaman, Kamis sore, 14 Januari 2021. 

Sebelumnya, Syekh Ali Jaber pernah mengutarakan keinginannya untuk dimakamkan di Lombok, tempat ia mengajar anak-anak kecil menghapal Al Quran di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Anaknya pun lahir di Lombok. Ia memilih meninggalkan Madinah dan pindah ke Indonesia. Tapi karena situasi pandemi, keluarga memutuskan untuk memakamkan Syekh Ali Jaber di seputar Jabodetabek. Yusuf Mansur pun menawarkan Syekh Ali Jaber dimakamkan di kompleks pondok pesantrennya yang memang menjadi tempat belajar menghapal Al Quran. 

Pemakaman Syekh Ali Jaber. Foto/Video/Yusuf Mansur

 

Syekh Ali Jaber wafat pada Kamis pagi pukul 8.30, di RS Yarsi, Cempaka Putih, Jakarta Pusat setelah beberapa lama dirawat karena Covid-19. Pada saat meninggal, ulama besar asal Arab Saudi yang sudah menjadi Warga Negara Indonesia sejak 2012 itu telah dinyatakan dokter negatif covid. Pada Rabu malam, Syekh Ali kritis dan terpaksa dipasang alat pacu jantung. 

Yusuf langsung mengecek sendiri liang lahat yang dipersiapkan untuk tempat peristirahatan terakhir Syekh Ali Jaber. "Lubangnya sudah dipersiapkan, persis di belakang makam ibu saya," kata Yusuf Mansur yang dilanjutkan dengan membacakan doa. 

Saat proses pemakaman yang disiarkan secara langsung di Instagram Yusuf Mansur itu, terlihat jamaah yang ingin melihat prosesi pemakaman Syekh Ali amat dibatasi. Terlihat jenazah Syekh Ali diturunkan dari masjid hendak dibawa ke makam. Jenazah Syekh Ali diangkat keluarganya. 

Prosesi pemakaman juga diunggah di akun Instagram pendakwah, Taqy Malik. "Selamat jalan gurunya Ahlul Quran," tulisnya dengan emotikon menangis. 

Terlihat di situ, presenter Irfan Hakim ikut mengantar langsung Syekh Ali Jaber ke tempat peristirahatan terakhir. "Hafiz kembali ke hafiz," kata Yusuf Mansur kepada Irfan. Hafiz adalah istilah untuk penghapal Al Quran. Syekh Ali Jaber adalah pengajar penghapal dan memahami Al Quran untuk para hafiz-hafiz cilik dan muda. 

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT