Menangis Dengar Syekh Ali Jaber Wafat, Syakir Daulay Kenang Berguru sejak Kecil
TEMPO.CO | 14/01/2021 13:30
Syakir Daulay menjemput Syekh Ali Jaber di Bandara Soekarno Hatta, Banten. Foto" IG Syakir Daulay
Syakir Daulay menjemput Syekh Ali Jaber di Bandara Soekarno Hatta, Banten. Foto" IG Syakir Daulay

TEMPO.CO, Jakarta - Kabar wafatnya Syekh Ali Jaber membuat Syakir Daulay terpukul. Aktor, penyanyi, sekaligus hafiz ini belajar menghapal Al Quran kepada ulama asal Arab Saudi yang sudah menjadi Warga Negara Indonesia sejak 2012 itu. Syakir pun mengunggah video yang menjelaskan ia sudah berguru kepada Syekh Ali Jaber sejak kecil. 

"Bismillah! Selamat jalan guru. Terima kasih atas setiap ilmu dan bimbinganmu  selama ini. Terima kasih atas setiap nasihat yang membuatku menjadi kuat. Terima kasih atas segala kebersamaan dan tawa candamu selama ini. Tak terasa, air mataku jatuh karena mendengar kabar bahwa kau telah tiada. Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Semoga surga menjadi tempat untukmu kembali dan tempat untuk kita berkumpul kembali. Al Fatihah," tulisnya melengkapi unggahan videonya itu, Kamis, 14 Januari 2021. 

Syekh Ali Jaber wafat pada Kamis pagi tadi, 14 Januari 2021 pukul 8.30 dalam usia 44 tahun di RS. Yarsi, Cempaka Putih, Jakarta Pusat. Ia sempat sekian lama dirawat terinfeksi Covid-19, tapi saat wafat sudah dinyatakan negatif. Syekh Ali Jaber mengalami kritis sejak semalam dan dipasang alat pacu jantung. 

Syakir Daulay mengunggah kembali fotonya bersama Syekh Ali Jaber. Foto: IG @syakirdaulay/\.

Pada unggahan video itu, terlihat sekali kedekatan Syakir Daulay dengan gurunya. Ia mengunggah kesempatan bersama gurunya, saat berkendara mobil golf untuk mengantarkan Syekh Ali dalam jarak dekat, saat bercanda, dipangku dalam usia sekitar delapan tahun, ketika menjemput ulama tersebut di Bandara usai insiden penusukan, hingga di dalam mobil setelah tragedi itu. 

Penusukan Syekh Ali Jaber terjadi saat sedang berdakwah di Lampung pada 13 September 2020, Syakir langsung mempersiapkan penyambutan. "BISMILLAH! Alhamdulillah hari ini Allah berikan kesempatan saya untuk menjemput guru saya @syekh.alijaber yang baru pulang dari safari dakwah nya di Lampung," tulisnya mengawali keterangan di unggahannya tersebut.

Dalam berbagai kesempatan, Syakir Daulay  mengaku belajar memperdalam Islam kepada gurunya ini. Ia belajar mulai dari menghapal hingga memahami Al Quran dari Syekh Ali Jaber. 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT