Depresi Lihat Iis Dahlia Dibully, Devano Danendra Ingin Bahagia dan Umur Panjang
TEMPO.CO | 23/11/2020 05:03
Iis Dahlia berfoto bersama suami dan putranya, Satrio Dewandono dan Devano Danendra saat menyaksikan konser Melly Goeslaw yang kebetulan bertepatan dengan hari ulang tahun Satrio, Kamis 5 Desember 2019. Instagram
Iis Dahlia berfoto bersama suami dan putranya, Satrio Dewandono dan Devano Danendra saat menyaksikan konser Melly Goeslaw yang kebetulan bertepatan dengan hari ulang tahun Satrio, Kamis 5 Desember 2019. Instagram

TEMPO.CO, Jakarta - Pertahanan penyanyi dan bintang film, Devano Danendra akhirnya jebol. Setelah sekian lama diam, lambat laun ia membuka diri tentang depresi yang dialaminya setahun belakangan ini lantaran ibunya, Iis Dahlia, dan kakaknya, Salshadilla Juwita kerap menjadi bahan cemoohan netizen. Akibatnya, ia tak mau terlihat satu frame dengan ibu dan kakaknya. 

Keengganan untuk hadir bersama ibu dan kakaknya itu diungkapkan Iis Dahlia sendiri kepada Deddy Corbuzier dan Ivan Gunawan dalam Obrolan of the Day pada 16 November 2020. "Devano lagi merintis berkesenian kayak mamanya sudah dijatuhi dan dibully, 'kasihan ya, Devano lahir dari rahim Iis Dahlia,' sampai dia kalau syuting sama mamanya dia enggak mau. Kalau saya keluarin single, dia enggak mau posting promosiin mamanya," katanya sambil berurai air mata. 

Dampak dari pengakuan Iis Dahlia itu justru menambah tekanan untuknya. Hal ini diketahui dari unggahan di akun Instagramnya, pada Ahad tengah malam, 22 November 2020. Ia mengunggah tudingan yang dialamatkan kepadanya. "Gimana sih anaknya, mau gimana pun itu ibu lo dan lo harus bela," "Gimana dah lo gak mau satu frame sama ibu lo sendiri," "Durhaka," "Ibu lo nangis, lo kuatlah, jangan lemah." 

Selain mengunggah tudingan netizen, Devano juga mengunggah pembelaannya melalui tulisan di atas layar hitam. Ia menuturkan, mengalami depresi setahun terakhir yang berimbas kepada perasaan malu, takut, dan cemas.

Iis Dahlia bersama dua anaknya, Salsadhilla Juwita dan Devano Danendra. Tabloidbintang

"Entah karena media yang selalu beritakan yang enggak-enggak tentang keluarga saya atau apapun itu yang bikin saya lemah dan itu membawa dampak ke diri saya, bukan malu dengan keluarga sendiri," ucapnya.

Sejak ibu dan kakaknya, Salshadilla Juwita kerap dicap arogan, berbicara julid, dan merendahkan orang lain, ia enggan berhadapan dengan dunia luar. "Banyak di luar sana kadang membicarakan hal yang bikin saya sakit hati seperti apa yang ada di internet, entah 'Yah anaknya ini,' 'Mak lu ngapa deh, Dev, gak malu apa lu,' 'Mak lu bla bla,' 'Kakak lu blabla,' 'Keluarga sombong,' sehingga membuat saya takut untuk bertemu  dengan banyak orang," tulisnya.  

Pemuda 18 tahun ini menuturkan, ia kerap dibenturkan dengan kalimat, risiko menjadi artis atau public figure hingga wajar sering dibicarakan. "Saya tahu risikonya kok, dan saat ini saya sedang berjuang dengan risiko itu, risiko yang pernah membuat saya enggan untuk membuka mata di setiap harinya," katanya. 

Devano menulis dengan meminta pengertian netizen bahwa teman-teman. Ia membantah tak suka dan tidak membela keluarganya sendiri. "Saya sayang sama keluarga saya, gak mungkin saya gak sayang. Namun saya gak mau saya punya ketakutan kayak gini dan membuat saya lemah untuk melakukan kegiatan apapun."

Suami penyanyi dangdut Iis Dahlia, Satrio Dewandono yang beprofesi sebagai pilot disebut-sebut mengetahui pengangkutan barang mewah di dalam pesawat Garuda Indonesia, tapi Iis Dahlia menyatakan suaminya tak tahu-menahu. Instagram/@isdadahlia

 

Ia menyayangi dirinya sendiri. "Saya hanya ingin hidup sehat dan senang seperti anak-anak lainnya, saya mau umur yang panjang," tulisnya mengakhiri unggahan itu. 

Lima hari sebelumnya, kekasih Naura, penyanyi remaja sekaligus putri Nola B3 ini juga mengunggah pemulihan mentalnya akibat depresi karena dibully netizen semakin bagus. Ia mengunggah gambar dua anak laki-laki dan perempuan, yang mulai tegas menolak serangan hujatan netizen yang membentuk sistem pertahanan diri. "Terima kasih Tuhan, merasa semakin baik dan lebih baik lagi setiap harinya," tulisnya. 

Dua unggahan ini membuatnya mendapatkan dukungan dari orang-orang yang mengenalnya. Rossa memberikan dukungan untuk Devano dan keluarga. 

"Semoga orang yang membaca ini kirim doa dan support buat Adek dan keluarga Teh Iis. Seandainya mereka tahu kalau Iis Dahlia adalah salah satu temanku yang hatinya paling baik dan selalu membantu teman-temannya. Semangat Ade," tulis Rossa dengan emotikon hati. 

Bullyan kepada Iis Dahlia sebenarnya sudah berlangsung sejak tiga tahun lalu. Ia enggan datang ke pernikahan Kahiyang Ayu, putri Presiden Jokowi karena Solo adalah kota kecil yang memiliki fasilitas hotel terbatas. Ia juga dianggap merendahkan peserta KDI 2018 karena berpenampilan sederhana. Iis juga menilai hubungan Rizky Billar - Lesty Kejora settingan dan hanya berakting yang membuat komunitas pencinta keduanya meradang, 

 ,


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT