Oki Setiana Dewi Jadi Doktor dalam Kondisi Hamil Sembilan Bulan
TEMPO.CO | 24/10/2020 08:19
Artis sekaligus pendakwah, Oki Setiana Dewi saat menjalankan sidang terbuka doktoralnya di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Foto: Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah
Artis sekaligus pendakwah, Oki Setiana Dewi saat menjalankan sidang terbuka doktoralnya di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Foto: Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah

TEMPO.CO, Jakarta - Artis dan pendakwah, Oki Setiana Dewi berhak menyandang gelar doktor setelah mempertahankan disertasinya dalam Ujian Promosi Doktor di bidang Dakwah dan Komunikasi di Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta, Jumat, 23 Oktober 2020. "Sidang penguji menetapkan bahwa promovenda dinyatakan lulus dengan predikat yudisium cum laude," kata Ketua Tim Penguji, Phil. Saepudin Jahar, guru besar UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Pada akun Instagram SPS UIN Syarif Hidayatullah yang mengunggah foto Oki, ditulis, Oki berhasil mempertahankan disertasi berjudul Pengajian Selebriti Hijrah Kelas Menengah Muslim (2000-2019): Respons atas Dakwah Salafi dan Jamaah Tabligh dalam ujian yang dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Oki yang melakukan sidang didampingi suaminya, Ory Vitrio mengerjakan disertasi di bawah bimbingan Azyumardi Azra dan Andi Faisal Bakti.

Ria Ricis berfoto bersama kakaknya, Oki Setiana Dewi. Instagram

Oki yang saat ini sedang hamil sembilan bulan anak keempatnya mengungkapkan rasa harunya usai dinyatakan lulus sebagai doktor. "Mohon izin bahwa di dalam keluarga besar kami belum pernah ada yang Allah izinkan sampai pendidikan sampai setinggi ini, moga-moga apa yang saya capai ini bisa menjadi inspirasi bagi keluarga besar kami, pada generasi penerus kami bisa mendapatkan pendidikan yang lebih baik dari saya," katanya di depan para guru besar.

Saat mempertahankan disertasinya, tak hanya Ory yang mendampingi Oki. Seluruh keluarga besarnya ikut mendampingi Oki, seperti kedua orang tuanya, dua adiknya, salah satunya Ria Ricis, dan anak-anaknya. 

Penulis buku, Helvy Tiana Rosa yang ikut hadir dalam sidang terbuka itu menyatakan kebanggaannya kepada bintang film Ketika Cinta Bertasbih itu. "Dr. Oki Setiana Dewi menjawab dengan sempurna," tulisnya memberikan judul pada unggahan di akun Instagramnya, Jumat, 23 Oktober 2020. 

"@okisetianadewi adalah sosok langka di negeri ini. Ia cantik, cerdas, sholihat, dan mampu menjadi teladan bagi keluarga serta sekitar," tulisnya memuji sahabatnya itu.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT