Sebut Disorot 150 Juta Netizen karena Kata Anjay, Akun IG Lutfi Agizal Hilang
TEMPO.CO | 02/09/2020 18:05
Lutfi Agizal. (Instagram - @lambe_turah)
Lutfi Agizal. (Instagram - @lambe_turah)

TEMPO.CO, Jakarta - Buntut aksi Lutfi Agizal memperkarakan kata anjay berbuah hilangnya semua unggahan di akun Instagramnya. Namanya masih bisa dicari di Instagram, tapi semua unggahan sebanyak 840 tak bisa dilihat. Hanya ada gambar kamera yang menunjukkan tidak ada unggahan di akun Instagram pria yang sebelumnya mengaku sebagai influencer itu. 

Hilangnya semua unggahan calon menantu penyanyi dangdut Iis Dahlia ini baru disadari hari ini, Rabu, 2 September 2020. Hingga kemarin, unggahan Lutfi masih bisa dibaca. Terakhir, ia mengunggah foto dirinya bersama Deddy Corbuzier yang bersedia hadir sebagai tamu di kanal Youtubenya usai menjadi bintang tamu di podcast Close The Door. 

"Followerku padahal lebih sedikit lho...Makasih ya Om mau jadi tamu di channel Youtubeku," tulis pria asal Semarang itu, Selasa, 1 September 2020 yang kemudian tak bisa dibaca lagi. 

Diduga, hilangnya semua unggahan akun Lutfi ini berkaitan dengan aksinya yang terus memperkarakan kata anjay, yang disebutnya merusak mental anak-anak. Netizen yang kesal karena masih banyak kata-kata yang jauh lebih buruk daripada mempersoalkan anjay. Mereka rame-rame melaporkan akun Lutfi ke manajemen Instagram. 

Lesty Kejora dan Rizky Billar merayakan sebulan dijodohkan netizen bersama kue yang dikirim penggemar. Foto: IG @morenopratama_.

Netizen menilai tujuan Lutfi ini bukan untuk mengedukasi seperti yang selalu ia katakan tapi menyasar ke pasangan anyar, Rizky Billar dan Lesty Kejora. Kebetulan, keduanya adalah mantan teman dekatnya. Rizky merupakan mantan teman dekatnya sebagai sesama perantau yang mencari rezeki di dunia hiburan. Adapun Lesty Kejora, pemenang D'Academy pernah dekat dengan Salshadhilla Juwita, tunangannya. 

Akibatnya, netizen menilai tindakan Lutfi memperkarakan kata anjay ini untuk panjat sosial atau pansos dengan memanfaatkan momentum melonjaknya popularitas Rizky saat ini. Adapun Lesty, dengan jumlah follower 14,5 juta, sudah menunjukkan popularitasnya memang tak diragukan lagi. 

Lutfi mempersoalkan kata anjay dengan membuat konten dengan menghadirkan ahli bahasa dan psikolog. "Banyak masalah dan masukan dari berbagai pihak, saya ingin menyudahi pembahasan itu di konten Youtube saya," ujarnya, Senin sore, 31 Agustus 2020. 

Sebelum memperkarakan kata anjay, Lutfi juga menyebut hubungan Rizky Billar dan Lesty Kejora settingan. Inilah yang membuat tudingan dia pansos sulit untuk dibantah. Gagal melempar tuduhan settingan, Lutfi menyerang dengan mempersoalkan kata anjay yang kerap diucapkan Rizky terutama saat berduet dengan kekasihnya. 

Hal lain yang kian mendasari Lutfi pansos, saat menjadi tamu di kanal Deddy Corbuzier, Selasa, 1 September 2020. Dia menyebut sudah hijrah ke Jakarta selama enam tahun tapi sorotan baru terarah kepadanya pada 2020 ketika memperkarakan kata anjay itu.

"Gue gak berharap, gue anak Semarang, 2014 di entertainer, tapi baru sekarang diperhatikan 2020 oleh 150 juta orang, itu terlihat di Instagram selama sepekan. Mungkin kalau buat Pemilu besok bisa menang karena semua orang membicarakan saya," katanya. Ucapan blunder inilah yang diduga memicu tangan netizen berame-rame melaporkannya. 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT