Sinopsis Film Mudik, Konflik Rumah Tangga Hingga Perjalanan Spiritual
TEMPO.CO | 26/08/2020 18:52
Poster film Mudik yang dibintangi oleh Putri Ayudya, Ibnu Jamil, Asmara Abigail, dan Yoga Pratama. Foto: Mola TV
Poster film Mudik yang dibintangi oleh Putri Ayudya, Ibnu Jamil, Asmara Abigail, dan Yoga Pratama. Foto: Mola TV

TEMPO.CO, JakartaMudik menjadi film pertama Indonesia yang akan dirilis secara eksklusif di layanan streaming Mola TV pada Jumat, 28 Agustus 2020. Film karya sutradara Adriyanto Dewo ini dibintangi oleh Ibnu Jamil, Putri Ayudya, Asmara Abigail, dan Yoga Pratama.

Film berdurasi berkisah mengenai pasangan suami istri, Aida (Putri Ayudya) dan Firman (Ibnu Jamil) yang sedang dalam konflik rumah tangga dan memutuskan untuk melakukan mudik atau perjalanan pulang kampung ke Yogyakarta menjelang Hari Raya Lebaran. Aida digambarkan sebagai perempuan yang terbiasa untuk memendam perasaannya hingga akhirnya sebuah peristiwa membuatnya meluapkan isi hatinya.

Di tengah perjalan keduanya mengalami kecelakaan dan merenggut nyawa seorang pria. Peristiwa tragis tersebut juga mempertemukan keduanya dengan Santi (Asmara Abigail) dan juga Agus (Yoga Pratama). Pertemuannya dengan Santi itulah yang membuat Aida harus mengambil keputusan terberat dalam hidupnya dan mengubah cara pandangnya mengenai rumah tangga.

Ibnu Jamil dan Putri Ayudya berperan dalam film Mudik yang akan tayang di Mola TV mulai Jumat, 28 Agustus 2020. Foto: Mola TV

Proses syuting juga meninggalkan kesan tersendiri di masing-masing pemain khususnya ketika adegan Salat Id di gurun pasir. Dalam adegan tersebut para pemain beradu peran di tengah-tengah suasana tersebut bersama masyarakat sekitar. Demi menjaga keaslian suasana Salat Id mereka dituntut harus selalu siap kapanpun diminta oleh sutradara.

"Waktunya itu sempit banget ada adegan aku dan Asmara Abigail yang harus ada di antara momentum itu jadi kita musti siap banget," kata Putri Ayudya dalam konferensi pers virtual pada Senin, 24 Agustus 2020.

Pengalaman Ibnu Jamil menyetir di malam hari dengan banyaknya lampu yang menyorotnya juga menjadi berkesan untuknya. Ibnu Jamil harus bisa memenuhi keinginan sutradara agar gambar yang dihasilkan sesuai meski ia kesulitan saat melihat jalan di depannya.

"Point of view gua untuk melihat jalan itu tipis banget, kecil banget jadi gua memang main feel, pokoknya gua lihat ada lampu itu motor sebagai guide gua ya akan gua hajar terus tanpa gua melihat di depan gua ada apa," kata Ibnu Jamil.

Film Mudik telah berkompetisi di 4 th International Film Festival dan Awards Macao (IFFAM) pada Desember 2019 serta CinemAsia Film Festival pada Maret 2020 lalu. Film Mudik ini juga menjadi awal bentuk kerjasama antara Mola TV dengan Lifelike Pictures untuk kembali menghidupkan industri film Indonesia.

Film Mudik dapat ditonton dengan mengakses aplikasi perangkat ponsel yang dapat diunduh dari apps store dan google play, atau melalui situs Mola TV. Berbeda dengan platform streaming lain yang hanya menyediakan tayangan konten bulanan, Mola TV memililki fitur layaknya bioskop di mana penonton bisa menikmati film bioskop yang ditayangkan di Mola TV tanpa perlu menjadi pelanggan terlebih dahulu.

MARVELA


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT