Unggah Foto Wak Keling, Arif Muhammad Mak Beti Kena Semprot
TEMPO.CO | 06/06/2020 12:46
Wak Keling, salah satu karakter yang diperankan Arif Muhammad di Keluarga Beti. (Instagram - @arifmuhammaddd_)
Wak Keling, salah satu karakter yang diperankan Arif Muhammad di Keluarga Beti. (Instagram - @arifmuhammaddd_)

TEMPO.CO, Jakarta -Youtuber Arif Muhammad mendapat teguran keras dari selebgram dan beauty vlogger Cindercella usai mengunggah foto Wak Keling di akun Instagramnya. Wak Keling adalah salah satu karakter yang diciptakan Arif Muhaamd untuk konten Youtubenya. Wak Keling digambarkan sebagai seorang perempuan berkulit hitam dan berambut keriting.

Dalam unggahannya itu, Arif Muhammad menyertakan tagar #blackouttuesday dan #icantbreath. Seperti diketahui, tagar #blackouttuesday digunakan sebagai gerakan melawan rasisme di Amerika Serikat setelah seorang warga bernama George Floyd meninggal di tangan seorang polisi setempat. Adapun I can't breathe adalah kata-kata terakhir keluar dari mulut George Floyd saat lehernya dicekik dengan lutut polisi tersebut.

Unggahan Arif Muhammad itu membuat geram Cindercella. Ia menganggap Arif meremehkan gerakan melawan rasisme itu. "Gue sampe gatau lagi mau ngomong apa. NAJIS. DO YOU THINK THIS IS A JOKE????? Please bantu report dan block this account,” tulis Cindercella di Instagram Story-nya, Jumat, 5 Juni 2020. Tak lupa ia menyertakan pula tangkapan layar unggahan Arif Muhammad itu.

Kritik pedas dari Cindercella itu langsung mendapat respons dari Arif Muhammad dengan menghapus unggahannya. Lewat pesan langsung atau DM Instagram, Arif menjelaskan maksud di balik unaggahannya itu. Arif mengaku tak berniat melecehkan. Ia justru mendukung gerakan melawan rasisme yang tengah gencar digaungkan.

Salam kenal, aku Arif a.k.a Mak Beti. Mengenai postingan aku yang mewarnai kulit aku menjadi hitam, niat hatiku paling dalam adalah berbuat baik serta mendukung movement ini," tulis Arif lewat DM yang diunggah ulang Cindercella di Instagram Story-nya.Arif Muhammad atau Mak Beti. Foto: Instagram

Arif pun menjelaskan bahwa karakter Wak Keling sudah lama dia ciptakan untuk konten Keluarga Betiyangtayang di YouTube. Di tayangan tersebut, Arif memainkan banyak karakter, termasuk Mak Keling, pemilik warung yang sering diutangi Mak Beti.

“Nah karakternya juga aku bikin sosok yang berhati baik ke semua orang, saling nolong dan juga penyabar. Aku minta maaf udah posting dan terima kasih udah vocal soal postingan aku. Aku sadar waktunya enggak tepat aku buat kayak gitu. Semoga kamu dapat paham maksud aku ya,” tulis Arif.

Arif meminta maaf jika unggahannya itu dianggap melecehkan. “Kita satu visi, hanya saja aku yang miskin ilmu pengetahuan soal hal yang terjadi. Maaf aku salah menyampaikan dalam bentuk gambar dan penempatan hashtag. Terima kasih sekali lagi untuk tegurannya, semoga dalam lindungan Tuhan dan sehat selalu,” tulis Arif.

Cindercella pun mengucapkan terima kasih karena Arif sudah menghapus unggahan tersebut dan memberikan penjelasan. “Terima kasih ya kak udah di-takedown.. Dan thank you banget udah mengerti. Semoga sehat selalu juga kak dan bahagia selalu.. maaf tadi aku kebawa emosi, jadi postingannya marah.. Sekali lagi terima kasih ya kak,” tulis Cindercella membalas Arif Muhammad.

Meskipun sudah dihapus, unggahan Arif Muhammad dan Cindercella itu mendapat sorotan warganet lantaran diunggah ulang akun gosip. "Udah ilang kok postingannya," tulis akun Lambe Turah, Jumat, 5 Juni 2020.

Walhasil, warganet pun ramai-ramai memberikan komentarnya. Sebagain ada yang sependapat dengan Cindercella. Namun ada pula yang berpendapat bahwa cara yang digunakan Cindercella keliru. " Ga gitu caranya, coba dichat baik-baik dulu secara personal. Kalau masnya mengabaikan baru angkat ke publik. Karena tidak semua isu bisa dipublikkan...u now. Mbaknya mau menyadarkan pentingnya isu terkini, tp mbak lupa sampe merendahkan yg mbak kritik pake kata "najis"," tulis akun debes_story mengingatkan Cindercella.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT