Video Musik Keke Bukan Boneka Dihapus Youtube
TEMPO.CO | 05/06/2020 08:22
Rahmawati Kekeyi di video klip lagu Keke Bukan Boneka. (Youtube - @rahmawati kekeyi putri cantikka)
Rahmawati Kekeyi di video klip lagu Keke Bukan Boneka. (Youtube - @rahmawati kekeyi putri cantikka)

TEMPO.CO, Jakarta - Video musik Keke bukan boneka milik selebgram Rahmawati Putri Cantikka kini sudah tak bisa lagi diakses di Youtube. Sejak Kamis, 4 Juni 2020, video itu sudah dihapus. Hanya tertulis keterangan bahwa video itu telah melanggar hak cipta, “Video ini sudah tidak tersedia karena ada klaim hak cipta dari Rini idol – Aku bukan boneka,” tulis keterangan tersebut.

Lagu Keke Bukan Boneka, sebelumnya muncul menjadi trending topik nomer 1 di Youtube dan sempat bertengger cukup lama. Kurang dari 24 jam sejak diunggah di kanal Youtube Kekeyi, video musik lagu tersebut sudah ditonton lebih dari sejuta kali. Lagu ini bahkan mampu menggeser video klip Lady Gaga feat Blackpink berjudul Sour Candy dari puncak trending Youtube Indonesia.

Banyak yang menghujat penampilan Kekeyi dalam video. Beberapa orang menuding video Kekey telah melangar Hak Cipta. Ada sebaris kalimat yang sama persis baik dari nada maupun lirinya dengan lagu Aku Bukan Boneka yang dipopulerkan oleh Rinni Wulandari.

Tak hanya mendapat sindiran dari Rinni Wulandari, pencipta lagu Aku Bukan Boneka, Novi Umar juga sempat memberikan tanggapan. Ia memaklumi tindakan yang dilakukan selebgram bernama panjang Rahmawati Putri Cantika atau Rahmawati Kekeyi itu karena kurangnya informasi terkait hak cipta.

"Saya akan memaklumi penyanyi ini karena bukan penyanyi yang sudah memiliki album dan sekian banyak single sebelumnya. Jadi mungkin dia tidak paham tentang karya cipta, hak kekayaan intelektual seseorang," kata Novi Umar di kanal YouTube miliknya pada Sabtu, 30 Mei 2020.vlogger Rahmawati Kekeyi Putri Cantika bertemu idolanya, Nagita Slavina . (Instagram - @gigiahmad1717)

Novi Umar hanya ingin mengingatkan kepada masyarakat untuk bisa menghargai karya orang lain. Jika memang ingin menggunakan karya orang lain alangkah lebih baik jika dikomunikasikan terlebih dulu. "Sebagai seorang pencipta lagu, saat orang mengapresiasi karya kita dengan baik itu merupakan hal yang sangat luar biasa bagi kami," kata Novi Umar.

Lagu Keke Bukan Boneka ditulis sendiri oleh Kekeyi berdasarkan pengalaman pribadinya menjalin hubungan asmara. Seperti diketahui, Kekeyi kerap mengumbar kisah asmaranya itu di media sosial. Tak sedikit juga dari warganet yang menganggap hubungannya dengan artis anyar Rio Ramadhan tersebut cuma settingan demi menaikkan pamornya.

Sebelum dihapus, video musik Kekeyi yang memunculkan dirinya bernyanyi dengan beberapa orang sahabat nya sebagai latar sudah ditonton 14 juta kali.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT