Reza Arap Ngaku ke Deddy Corbuzier Pernah Kena Covid-19
TEMPO.CO | 23/05/2020 16:23
Reza Arap saat menjadi tamu di Podcast Deddy Corbuzier. Foto: Youtube Deddy Corbuzier
Reza Arap saat menjadi tamu di Podcast Deddy Corbuzier. Foto: Youtube Deddy Corbuzier

TEMPO.CO, Jakarta - Reza Oktovian atau yang lebih akrab dipanggil Reza Arap mengakui bahwa dirinya pernah terkena Covid-19. Hal ini diungkapkannya ketika ditanya oleh Deddy Corbuzier di kanal YouTubenya pada Sabtu, 23 Mei 2020. Awalnya Deddy meminta izin terlebih dulu untuk membahas hal tersebut, namun ternyata Reza sangat terbuka untuk menceritakannya.

"Gue yakin kayaknya iya deh (pernah kena Covid-19), semua itunya (tanda-tanda Covid-19) ada di gue," kata Reza.

Berawal dari liburannya ke Thailand bersama kedua temannya pada 26 Januari 2020. Ketiganya berlibur selama satu minggu di Negeri Gajah Putih tersebut. Reza mencurigai liburannya ke Thailand itu menyebabkan dirinya terkena Covid-19.

"Di Thailand gue interaksi sama banyak orang Cina kayak ngobrol, ketemu di jalanan lagi belanja. Itu benar-benar puluhan ribu orang Cina di bulan Januari dan waktu itu Corona baru outbreak," kata Reza.

Youtuber Reza Oktovian. Iinstagram.com

Sebenarnya sebelum berangkat ke Thailand, Reza sudah tahu bahwa ada virus corona yang lagi marak diperbincangkan. Namun hal tersebut tidak membuat mereka bertiga membatalkan liburan mereka. "Sebelum gue berangkat gue udah tahu (ada virus Corona) dan hampir tidak berangkat. Tapi kan gak tahu sebahaya apa," kata Reza.

Ketika tiba di Jakarta, Reza merasa biasa saja dan merasa tubuhnya sehat. Reza pun kembali dengan rutinitasnya dan pergi ke Bandung untuk mengurus pekerjaan. Setelah pulang dari Bandung, barulah Reza merasakan sakit dan tubuhnya demam tinggi. "Pulang dari Bandung, benar-benar hancur langsung demam 39, terus gue ke Rumah Sakit Mitra Kelapa Gading," kata Reza.

Reza langsung diperiksa secara menyeluruh bahkan paru-parunya sempat dirontgen. Setelah hasilnya keluar ditemukan bahwa di paru-paru Reza terdapat bercak-bercak. Namun ia yakin bahwa itu bukan berasal dari kebiasaannya merokok. Kemudian Reza dirujuk untuk ke RSPI Sulianti Saroso Jakarta.

Dokter pun tidak memberikan rapid test atau swab kepadanya dan Reza hanya disuruh memilih mau dirawat di rumah sakit atau di rumah. Dan Reza memilih untuk tetap di rumah untuk isolasi mandiri di bawah pengawasan dokter. "Selama dua minggu, setiap dua atau tiga hari sekali, dokter sama suster datang, ngecek," kata Reza.

Ia pun juga pernah mengalami kesulitan bernapas dan demam tinggi yang tak kunjung sembuh. "Gua napas mau mati, badan panas berhari-hari, kalau meriang paling sehari dua hari demam, ini engga cuy gila," kata Reza. Namun setelah lebih dari 14 hari melakukan isolasi mandiri di rumah, kondisi Reza semakin membaik.

Reza memberikan bukti nyata atas kepeduliannya kepada para pejuang Covid-19. Ketika itu Reza memberikan jawaban menohok kepada suami Indira Kalistha, Gustaf Sailendra atau yang akrab disapa Utap yang mempertanyakan netizen mengenai apa saja yang sudah dilakukan selama pandemi ini berlangsung. Reza langsung menunjukan bukti-bukti bantuan yang ia berikan kepada masyarakat.

"Gua kasih 5 GOR, tempat tidur, makan buat ratusan orang, tanggung jawab atas suara gua, negur tim Pemda DKI, report ke sosmed, nerima hujatan partai-partai gede dan buzzer-buzzer yang nyari celah buat nyalahin ini. sendirian. Lebih banyak nga bro selebriti? Traffic gimana bro? Lagi enak ya?" tulis Arap di Twitter pada Selasa, 12 Mei 2020.

MARVELA



MAGANG


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT