Mahfud MD Akui Tahu Dirinya Jadi Meme Soal Corona oleh Netizen
TEMPO.CO | 18/05/2020 20:48
Mahfud MD tiba di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin 21 Oktober 2019. TEMPO/Subekti.
Mahfud MD tiba di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin 21 Oktober 2019. TEMPO/Subekti.

TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD mengaku mengetahui ia menjadi bahan tertawaan berupa meme berkaitan dengan pernyataannya soal Covid-19. Hal ini ia ungkapkan kepada Deddy Corbuzier saat menjadi tamu podcast di kanal Youtube yang ditayangkan pada Senin malam, 18 Mei 2020. 

"Iya tahu saya (jadi bahan tertawaan), tapi saya enggak mengatakan Indonesia tidak ada Covid," ujarnya.

Mahfud selanjutnya meluruskan pernyataannya yang menjadi meme netizen di media sosial itu. "Saya enggak bilang tidak ada Covid. Tapi sampai hari itu, 29 Februari kita belum ada Covid, dan koran internasional memuat itu, bahwa Indonesia satu-satunya negara di Asia dan terbesar di ASEAN yang belum terkena Covid," ujarnya mengklarifikasi.

Mahfud menuturkan, ia berbicara tak asal tapi berdasarkan data. "Saat itu memang belum ada kasusnya, baru tanggal 2 Maret dinyatakan ada kasus," ucapnya. 

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini pun membantah pemerintah mengabaikan keselamatan rakyat. Menurut dia, pemerintah sudah bersiap menghadapai Covid Januari 2020. "Akhir Januari itu kita memang sudah ada rapat. Indonesia menutup penerbangan dari RRT ke Indonesia. Keputusan itu sudah dibicarakan pada 28 Januari, tiga hari kemudian kita menyatakan ada temuan kasus."

Menkopolkam kemudian menyarankan agar masyarakat menghadapi Corona dengan lebih santai. "Seperti yang dibilang Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. Anggap saja flu biasa, orang mati karena flu itu udah banyak, jadi hadapi corona dengan tenang saja," ujarnya.  

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT